Pengamat: Jusuf Kalla Kredibel Tuntaskan Masalah Papua

Uncategorized

Direktur Eksekutif Jenggala Center, Syamsuddin Radjab, mengusulkan Jusuf Kalla (JK) turun tangan menyelesaikan masalah Papua. Untuk itu, ia meminta Presiden Joko Widodo memberi mandat kepada JK.

“Gagasan memberi mandat kepada JK untuk menyelesaikan masalah Papua sangat tepat. Sebab, JK sudah terbukti mampu mendamaikan konflik di Aceh, Poso, dan Ambon,” kata Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga kepada www.suaranasional.com, Rabu (5/5/2021).

Kata Jamiluddin, JK juga diminta untuk membantu menyelesaikan konflik di Afghanistan. Bahkan JK mengajak ulama Indonesia untuk mendamaikan konflik tersebut.

Selain itu, JK juga tokoh yang sangat dihormati dan dipercaya di Indonesia timur. Karena itu, ia sangat berpeluang dapat diterima oleh pihak-pihak yang bermasalah di Papua.

“Agar JK dapat menyelesaikan masalah Papua, Pemerintah Indonesia harus memberi mandat penuh kepadanya. Melalui mandat penuh itu diharapkan JK dapat lebih leluasa dalam menetapkan misi perdamaian, strategi, pendekatan yang akan digunakan, serta tempat dan waktu yang diperlukan,” ungkapnya.

Menurut Jamiluddin, JK juga sebaiknya diberi kewenangan penuh untuk memilih timnya. Hanya dengan begitu tim JK berpeluang dapat diterima oleh pihak-pihak yang bermasalah di Papua.

Supaya upaya perdamaian yang akan dilakukan JK berjalan mulus, maka TNI, Polri, dan Inteligen seyogyanya berada dalam kendalinya. Dengan begitu, JK dapat bekerja tanpa khawatir akan ada yang cawe-cawe di luar kendalinya sehingga membuat pihak-pihak yang bermasalah merasa tidak nyaman.

“Kalau semua itu sepenuhnya dimandatkan kepada JK, maka masalah Papua dalam waktu relatif singkat akan dapat diselesaikan. Masalahnya apakah Jokowi mau memberi mandat tersebut?” papar Jamiluddin.