Survei Andi Arief: Mayoritas Netizen Sebut Jokowi Aktor Intelektual Pengkerdilan KPK

Uncategorized

Mayoritas pengguna media sosial (netizen) menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) aktor intelektual pengkerdilan KPK.

Dalam survei yang dilakukan Andi Arief di Twitter melakukan pertanyaan, menurut netizen sekalian, siapa aktor intelektual pengkerdilan KPK? 1. Presiden Jokowi 2. lainnya.

Sampai tulisan ini dimuat ada 1667 suara yang masuk, 62 persen menyatakan Presiden Jokowi aktor intelektual pengkerdilan KPK. Sedangkan 38 lainnya menyebut lainnya.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana beranggapan ketidaklulusan sejumlah pegawai dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) telah dirancang sejak awal. Menurut dia, cara tes ini bak episode akhir untuk menghabisi dan membunuh KPK.

“Sinyal tiba pada kesimpulan itu (episode akhir KPK) telah terlihat secara jelas dan runtut,” kata Kurnia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/5/2021).

Kurnia merinci sejumlah peristiwa yang merusak lembaga antirasuah. Mulai dari UU KPK baru, kontroversi kepemimpinan Firli Bahuri, dan sekarang pegawai-pegawai yang dikenal berintegritas diyakini akan disingkirkan.

“Kondisi carut marut ini juga tidak bisa begitu saja dilepaskan dari peran Presiden Joko Widodo dan segenap anggota DPR RI,” nilai Kurnia.

KPK telah menerima hasil tes wawasan kebangsaan sebagai syarat alih status pegawai ke Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“KPK benar telah menerima hasil asesmen wawasan kebangsaan yang diserahkan pihak BKN RI tanggal 27 April 2021,” ujar Plt Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Senin (3/5).