Pelantikan Penegak Laksana di SMK Negeri Sambeng Lamongan

Uncategorized

Pramuka adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa di SMK Negeri 1 Sambeng. Salah satunya untuk siswa kelas X, mereka wajib mengikuti kegiatan Pramuka setiap Jumat siang. Namun, ada yang berbeda dari kegiatan Pramuka pada Jumat (9/4). Lebih dari 30 siswa kelas X dan XI dilantik menjadi Penegak Laksana. Sebelum pelantikan berlangsung, calon penegak harus sudah melengkapi Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) dan telah memenuhi persyaratan lainnya.

Kegiatan pelantikan dimulai dengan apel yang dipimpin oleh Waka Urusan Kesiswaan yakni Bapak Jayat, S.Kom., dan dihadiri oleh kakak kakak pembina Pramuka. Setelah pembacaan Dasadarma dan Trisatya Pramuka, seluruh calon Penegak berjalan menuju pos-pos yang sudah disiapkan. Di setiap posnya, siswa harus menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan SKU.

Meski terasa lelah, namun siswa tampak begitu gembira melaksanakan kegiatan pelantikan ini. Kegiatan pelantikan ini berlangsung sampai hari Sabtu (10/4). Di pagi harinya, calon Penegak ini resmi dilantik sebagai Penegak Laksana.

Serangkaian kegiatan dalam rangka pelatikan Penegak Laksana sekaligus menyongsong Bulan Ramadhan 1442 H. adalah Bakti Sosial, PMTAS, Cek Kesehatan dan service gratis. Bakti sosial di laksanakan di Balai Desa Nogojatisari kecamatan Sambeng. Sebagian masyarakat penerima sumbangan berupa sembako di undang di balai desa.

Semua warga antusias mendatangi balai desa dengan tetap mengunakan protocol kesehatan. Sebagian dari paket sembako yang lain di antar ke beberapa warga oleh adik adik pramuka. ”Masyarakat desa Nogojatisari sangat berterimakasih atas bantuan dari SMK Negeri 1 Sambeng, dan semoga dengan bhakti sosial ini maka masyarakat semakin mengenal SMK Negeri 1 Sambeng sebagai tempat menempa jiwa kepemimpinan,” kata Pak Madari kepala desa Nogojatisari.

Pada kesempatan yang sama di SDN Nogojatisari 1 dilaksanakan kegiatan PMTAS yaitu pemberian makanan tambahan untuk Anak Sekolah. Anak anak antusias menerima segelas kolak kacang Ijo dan sebutir ayam, yang dibagikan dengan riang gembira ala pramuka. Bapak Syaiful, S.Pd, menyampaikan bahwa anak anak sangat seneng mendapatkan teknik kepramukaan dari kakak kakak penegak Laksana yang baru di lantik dari Gudep SMK Negeri 1 Sambeng. Selain itu beliaunya meminta tenaga pengajar ekstra pramuka dari SMK Negeri 1 Sambeng untuk membina di SDN Nogojaatisari 1.

Beberapa warga juga merasa senang karena dapat melakukan tes kesehatan gratis yang dilakukan oleh tenaga Medis dari Puskesmas Kecamatan Sambeng yang bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Sambeng, ”Alhamdulillah Tensi darah, Asam urat, kolesterol dan Gula darah saya normal” kata salah satu warga, seneng loh…. sdh gratis sehat lagi tambahnya. Selain itu warga juga berbondong-bondong menservice sepeda motornya. Rata rata mengatakan bahwa seneng ada kegiatan service gratis, apalagi tempat bengkel yang jauh dari desa mereka. Diselah kegiatan H. Abd. Adhim, MPd. mengatakan bahwa

“Alhamdulillah masyarakat bisa menerima SMK Negeri 1 Sambeng dengan baik, mulai anak SD sampai orang tuanya dikenalkan pembelajaran yang aplikatif di SMK, insyaallah kedepan kita laksanakan lagi kegiatan pengabdian masyarakat yang jauh lebih baik lagi,” ujar ketua panitia.(Yunus Hanis Syam)