by

Santripreneur di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan

Suara Nasional. Lamongan, 7-9 April 2021 Pelita UMKM Lamongan menggelar satu acara besar bekerjasama dengan Himaprodi Ekonomi Syariah Institut Sunan Drajat, Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan di bawah asuhan KH Prof DR Abdul Ghofur.

Acara digelar dengan menghadirkan beberapa pembicara kondang antara lain adalah Prov. Among K Ebo sebagai motivator penakluk 5 benua (86 negara) dan Hj Nur Cita Qomariah M. Kom I yang dikenal sebagai presenter Keliling Pesantren JTV, Bingkai Keluarga Sakinah TV 9 dan juga dosen komunikasi yang berbicara tentang cara jitu menjadi presenter handal.

Prov Among pada awal pembicaraan bercerita tentang perjalanan menjadi enterpreneur suksesnya. Dari mondok di pesantren Muhammadiyah di Babat, lalu masuk SMAN 2 Lamongan dilanjutkan masuk IAIN Suka Jogjakarta juga UGM dengan biaya sendiri.

Kemudian berusaha mewujudkan cita-citanya sebagai orang Lamongan yang keliling dunia. Dalam waktu 3 tahun telah menjelajah 5 benua dengan 86 negara yang dikunjungi. Pada 2019 dalam bulan Romadhon selama 1 bulan penuh berkeliling di Amerika Latin mulai Bolivia, Chili, Ekuador dan Brasilia, dengan satu cita-cita bisa merasakan bagaimana kehidupan umat Islam di negeri sebagai kelompok minoritas.

Pada sesi berikutnya Prov Ebo menyampaikan jurus jitu untuk menjadi orang sukses. Ia menyebutkan yaitu 1. Punya mimpi seperti mimpinya pemuda Indonesia untuk merdeka di tahun 1928. 2. Punya keahlian, yang terus diasah hingga benar-benar matang. 3. Punya relasi atau teman. Sebagaimana di sini dengan Kelompok UMKM Pelita yang digawangi Widhi Harjanto dengan anggota 150 UMKM di Lamongan. 4. Jalur Illahi yaitu tirakat. Maksudnya berusaha diimbangi dengan doa yang semaksimal mungkin. Ini banyak dilakukan Kyai atau para tokoh yang dituakan dalam bidang agama.

Sebagai penyempurna dari tips yang disampaikan adalah pebisnis harus memiliki prinsip leadership. Bekalnya adalah mematuhi kemampuan LNORAK yaitu punya Literasi, Narasi, Kemampuan Orasi, Siap Alirkan kemampuan dengan berbagai usaha dan Kolaborasi.

Selanjutnya pada sesi penampilan Hj Nur Cita Qomariah sebagai presenter handal yang menegaskan perlunya bagi siapa saja yang ingin sukses untuk tidak jemu-jemunya terus berlatih. Jangan takut salah pada saat berlatih, karena itulah jalan yang nantinya menuju keberhasilan.

Sebagai acara yang sangat dinantikan juga oleh para santri adalah sesi pengambilan shoting untuk acara saur-saur grebeg romadhon. Terakhir sebagai penutup adalah nonton bareng pemutaran film Super Santri bersamaan diadakan acara Haul Akbar PP Sunan Drajat yang dihadiri para petinggi pemerintah daerah, pemerintah desa dan tokoh agama juga masyarakat Lamongan. (Yunus Hanis Syam)

Loading...
Loading...

loading...

News Feed