by

Di Usia Ke 51 ITL Trisakti Canangkan Tekad Menuju Perguruan Tinggi Berkelas Dunia & Bereputasi Global

Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti (d.h. STMT Trisakti) tahun ini genap berusia 51 tahun. Untuk kegiatan peringatan Dies Natalis tahun ini memiliki tema ‘’ ITL-TRISAKTI SIAP UNTUK MENUJU WORLD CLASS INSTITUTE IN TRANSPORTATION & LOGISTICS PROGRAMS’’. Tema tersebut menjadi penyemangat bagi ITL Trisakti dalam mewujudkan tersedianya Learning Center and Organization untuk mencetak tenaga-tenaga ahli mulai dari Ahli Madya sampai dengan Sarjana bahkan Magister dan Doktor untuk mengisi kebutuhan Nasional maupun Internasional dalam kegiatan perencanaan, pembangunan, dan pengoperasian serta pengembangan sektor transportasi dan logistik, demikian di sampaikan Dr Ir. Tjuk Sukardiman Rektor ITL Trisakti dalam sambutannya, di acara Peringatan Dies Natalis ke 51 di gelar di auditorium kampus ITL Trisakti di kawasan Kebon Nanas Jakarta Timur, Sabtu, 3 April 2021, di hadiri seluruh anggota senat ITL Trisakti, para Wakil Rektor, Pimpinan Prodi, dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni.

“Tema Dies Natalis ke 51 ITL Trisakti ini merupakan wujud dari cita cita bersama dan tekad keluarga besar Civitas Akademika yang kemudian di laksanakan dalam suatu tekad mencetak prestasi kerja akademik untuk kemajuan kampus yang kami cintai bersama ini,” ucap Dr Ir Tjuk Sukardiman Rektor ITL Trisakti.

Menurutnya, hasil kerjasama dan kerja keras itu mulai nampak dengan diperolehnya Akreditasi A Program Studi Pasca Sarjana Magister Manajemen Transportasi sehingga prestasi ini akan semakin mendorong prodi prodi lainnya untuk lebih meningkatkan kemampuan maupun kinerjanya agar dapat menambah daya akselerasi percepatan bagi ITL Trisakti menuju world class university.

Harapan senada juga disampaikan Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti Mayor Jenderal TNI (Purn) Dr. E.D. Bimo Prakoso, MPA, MSc yang dalam sambutannya melalui daring mengatakan bahwa ITL Trisakti yang merupakan satu satunya perguruan tinggi di Indonesia bahkan dunia yang menggeluti bidang Transportasi dan logistik, nampakya mengalami kemajuan sangat pesat, ini semua berkat kerjasama keluarga besar civitas akademika ITL Trisakti, yang patut di apresiasi dan terus di dukung, sehingga dari kerja yang solid itu, di masa mendatang ITL Trisakti dapat berubah menjadi Universitas Transportasi dan Logistik Trisakti.

“Saya berharap ITL Trisakti harus punya Profesor dibidang Transportasi maupun Logistik, sebagai salah satu syarat menjadi Perguruan Tinggi berklas dunia dan bereputasi global, kami di Yayasan Trisakti senantiasa mendukung apapun untuk kemajuan ITL Trisakti,” tukasnya.

Dalam acara ini nampak hadir melalui during,Ketua Pembina Yayasan Trisakti Harry Tjan Silalahi, SH, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc, dan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ir. Budi Karya Sumadi dalam hal ini diwakili Dr. Ir. Djoko Sasono, MSc Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, serta juga nampak Jendral TNI (Purn) Agum Gumelar.

Selanjutnya acara utama yaitu Sidang Terbuka Senat dan Orasi ilmiah oleh Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA dengan Judul ’’KESIAPAN PELAKSANAAN KERJASAMA TRI DHARMA UNTUK PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK PERGURUAN TINGGI’’

Dalam orasi ilmiahnya, beliau menyampaikan adanya lima faktor penentu lapangan kerja, yakni Ekonomi, Demografi, Sosiologi, Teknologi dan Regulasi, yang menjadi tantangan bagi Perguruan Tinggi agar tetap eksis dan bahkan bisa menjadi Perguruan Tinggi yang menjadi alternatif bagi masyarakat untuk bisa eksis di pasar kerja.

“Nah, ITL Trisakti mempunyai peluang untuk menjawab tantangan tersebut, karena ITL Trisakti memiliki spesifikasi yang masih sangat di butuhkan pasar kerja, yakni di bidang Transportasi dan Logistik” ucap Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pencanangan Semangat dan Tekad Peningkatan Prestasi Kerja Akademik menuju Perguruan Tinggi Berklas Dunia dalam bidang Transportasi dan Logistik bereputasi global, ada pun teks pencanangan dibacakan oleh Dr Ir Tjuk Sukardiman Rektor ITL Trisakti.

Usai itu, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pemberian penghargaan kepada sosok yang sudah lama mengabdi di ITL Trisakti, di antara nya adalah Andri Warman Bupati Agam alumni, mantan karyawan dan pejabat di STMT Trisakti yang telah mengadi selama 30 thn, Hanif dosen yang sudah mengabdi selama 46 thn dan Hidayat karyawan bagian keuangan mengabdi selama 30 thn, penghargaan di sampaikan oleh Dr Ir Tjuk Sukardiman Rektor ITL Trisakti, setelah penyampaian penghargaan, kegiatan ini di akhiri dengan doa yang disampaikan oleh perwakilan dari lima agama, dalam rangkaian doa yang disampaikan tercetus suatu ucapan syukur atas prestasi yang sudah di capai, harapan, dan juga tekad bersama untuk menjadi kan ITL Trisakti menjadi kampus pencetak tenaga-tenaga ahli untuk mengisi kebutuhan Nasional maupun Internasional dalam kegiatan perencanaan, pembangunan, dan pengoperasian serta pengembangan sektor transportasi dan logistic serta pendorong bagi peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat di Indonesia, terutama dibidang transpotasi dan logistik.

“Semoga harapan dan Tekad tersebut mendapatkan ridho dari Allah SWT dan Tuhan Yang Maha Esa,” demikian ucapan saat mengakhiri doa yang disampaikan perwakilan lima agama tersebut. (Cahyo)

Loading...
Loading...

loading...

News Feed