Wapres Ma’ruf Amin Ikuti Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama

Uncategorized

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengikuti perayaan Paskah Lintas Umat Beragama Tahun 2021 bersama Persekutuan Gereja-Gereja di Tanah Papua dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua, Kamis, 2 April 2021.

Dalam sambutan yang disampaikan secara daring dari Jakarta, Ma’ruf Amin mengatakan bahwa kesepakatan nasional untuk hidup berdampingan dengan rukun antarsesama umat beragama di Indonesia harus dijaga dan dirawat.

“Kita wajib menjaga dan merawat kesepakatan nasional itu, antara lain dengan menghormati kebhinnekaan yang ada dengan menjaga persatuan nasional. Kebhinnekaan kita merupakan pondasi, kekayaan sekaligus kekuatan eksistensial negara dan bangsa Indonesia,” katanya.

Pancasila sebagai dasar negara, ujar Ma’ruf, merupakan kesepakatan yang disusun oleh para pendiri bangsa untuk mengakomodasi keberagaman karakter seluruh rakyat Indonesia.

“Saya ingin menegaskan kembali bahwa walaupun Indonesia merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim, bahkan yang terbesar di dunia, namun Indonesia bukanlah negara Islam,” tutur Ma’ruf.

Ia juga mengapresiasi para pemuka agama dan FKUB yang telah berperan dalam menjaga keselarasan dan persatuan antarumat beragama di berbagai daerah.

Bila kemajemukan dan keberagaman di seluruh daerah tidak dijaga oleh para pemuka agama dan FKUB, maka potensi perpecahan akan terjadi di Indonesia.

“Namun kemajemukan akan menjadi kekuatan yang besar dan riil untuk membangun bangsa apabila kita bersama-sama menjaga dan merawatnya,” ujarnya.

Turut hadir secara virtual dalam perayaan Paskah tersebut antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Gubernur Papua Lukas Enembe, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.
[tempo.co]