Bandara Kertajati Jadi Bengkel Pesawat, Pengamat: Proyek Jokowi tanpa Perencanaan Matang

Uncategorized

Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dialihfungsikan menjadi bengkel pesawat menunjukkan proyek Jokowi tanpa perencanaan matang.

“Bandara Kertajati sampai jadi bengkel pesawat menunjukkan proyek pembangunan tanpa perencanaan matang,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada www.suaranasional.com, Rabu (31/3/2021).

Menurut Muslim, Jokowi terlalu ambisius dalam pembangunan infrastruktur agar diingat sebagai presiden yang mempunyai banyak karya. “Bisa jadi jalan tol yang dibangun Jokowi tidak laku dan menjadi jemuran pakaian,” sindir Muslim.

Kata Muslim, pembangunan bandara Kertajati menggunakan utang dan belum dilunasi. “Utangnya belum lunas dan bandaranya tidak difungsikan sebagaimana mestinya. Artinya belum balik modal,” jelas Muslim.

Presiden Jokowi menginstruksikan agar Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dialihfungsikan.

Bandara yang diresmikan sejak Mei 2018 itu akan diarahkan untuk menjadi lokasi jemaah umroh dan haji masyarakat Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah bagian Timur.

“Pak Presiden mengarahkan bahwa nanti paling tidak umroh dan haji semua warga Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian Timur itu kita konsentrasikan di Kertajati,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rapat terbatas, Senin (29/3/2021).