Pengamat: Respon Positif Politik NasDem Terhadap Anies untuk Pilpres 2024

Partai Politik Nasional Demokrat (NasDem) memberikan respon positif terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Langkah NasDem itu untuk Pilpres 2024.

“Dalam pengamatan saya, NasDem memberikan respon positif terhadap Anies. Langkah ini untuk Pilpres 2024,” kata pengamat kebijakan Amir Hamzah kepada www.suaranasional.com, Sabtu (27/3/2021).

Anies bukan orang baru di NasDem karena ikut bersama-sama mendirikan Ormas NasDem.

Kata Amir, untuk mengusung Anies menjadi Capres 2024, Partai NasDem harus melakukan koalisi dengan partai politik karena adanya aturan Presiden Threshold 20 persen. “PKS yang terlihat mendukung Anies bisa dilihat sikapnya di DPRD DKI yang mendukung hampir semua kebijakan Gubernur Jakarta itu,” paparnya.

Menurut Amir, perlu koalisi permanen Partai NasDem maupun partai lainnya untuk bisa mengusung Anies di Pilpres 2024 . “Koalisi permanen itu juga dibicarakan terbuka pembagian menteri termasuk berkoalisi permanen di Pilkada,” ungkap Amir.

Koalisi permanen, kata Amir akan mengalami beberapa kendala di antaranya sikap pragmatisme partai politik. Namun, koalisi permanen bisa mencegah konflik kepentingan di tengah jalan seperti yang terjadi antara Gerindra dan PKS di Jakarta.