WhatsApp Rilis Fitur Telepon dan Video Call untuk Desktop

WhatsApp resmi meluncurkan fitur telepon dan video call lewat WhatsApp Desktop. WhatsApp berharap fitur itu akan memudahkan pengguna untuk berkomunikasi secara privat dan aman dengan keluarga ataupun teman.

WhatsApp mengklaim panggilan suara dan video individual tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Siapapun, termasuk WhatsApp diklaim tidak bisa mendengar atau melihat panggilan pengguna yang dilakukan melalui ponsel maupun desktop.

WhatsApp menyampaikan terjadi peningkatan signifikan jumlah pengguna yang melakukan panggilan di WhatsApp sepanjang tahun 2020. Perusahaan menyebut panggilan yang berdurasi panjang paling dominan.

Pada malam Tahun Baru 2021, WhatsApp panggilan suara dan video memecahkan rekor panggilan terbanyak yang pernah dilakukan dalam satu hari. WhatsApp mencatat panggilan suara dan video saat itu mencapai 1,4 miliar panggilan suara dan video.

“Saat ini, masih banyak sekali dari kita yang terpisah dari orang-orang terdekat, serta masih berusaha menyesuaikan diri dengan cara baru dalam bekerja. Oleh karena itu, kami ingin percakapan di WhatsApp sedapat mungkin terasa seperti percakapan tatap muka, terlepas dari lokasi atau perangkat yang digunakan,” ujar WhatsApp dalam keterangan resmi.

WhatsApp menilai melakukan panggilan pada layar yang lebih besar akan memudahkan pengguna untuk berkolaborasi dengan pengguna lain. Untuk kenyamanan pengguna, panggilan desktop juga telah didesain agar dapat berfungsi tanpa kendala dalam orientasi potret maupun lanskap.

“Panggilan desktop akan ditampilkan sebagai jendela terpisah dengan ukuran yang dapat diatur dan selalu tampil paling depan. Dengan demikian, Anda tidak perlu mencari-cari panggilan video tersebut di antara tumpukan jendela lain yang sedang terbuka,” kata WhatsApp.

Usai peluncuran fitur telepon dan video call di WhatsApp Desktop, WhatsApp mengaku akan mengembangkan fitur tersebut untuk mencakup panggilan suara dan video grup.
[cnnindonesia]