Jokowi: Gaungkan Benci Produk Luar Negeri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Kementerian Perdagangan serius membantu pengembangan produk-produk lokal. Sehingga, masyarakat menjadi konsumen loyal produk-produk Indonesia. Kalau perlu, kata Jokowi, gaungkan semboyan benci produk luar negeri.

“Ajakan untuk cinta produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri. Bukan hanya cinta tapi juga benci. Cinta barang produk kita. Benci barang luar negeri,” ujar Jokowi dalam acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan 2021 di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 4 Maret 2021.

Baca juga:  Jangkar Relawan Jokowi: Tuhan Merestui Jokowi 2 Periode

Kata Jokowi, branding harus melekat agar masyarakat lebih mencintai produk lokal Indonesia dibanding produk luar negeri. “Karena penduduk kita lebih dari 270 juta jiwa. Ini harusnya menjadi konsumen paling loyal untuk produk-produk kita sendiri. 270 juta jiwa itu pasar yang besar,” ujar Jokowi.

Untuk itu, lanjut dia, strategi yang tepat untuk mengembangkan pasar menjadi penting. Pusat perbelanjaan harus didorong untuk memberikan
ruang bagi produk-produk Indonesia, khususnya UMKM.

“Seperti di mal itu, jangan sampai ruang depan diisi brand luar negeri. Mereka harus digeser ke tempat yang tidak strategis. Tempat strategis, lokasi baik berikan ruang untuk brand lokal,” ujar Jokowi.

Jokowi meminta UMKM dibantu agar juga bisa ekspor dalam jumlah besar. “Saat ini 90 persen pelaku ekspor adalah UMKM, namun kontribusinya hanya 13 persen. Artinya kapasitasnya perlu ditambah, perlu diperbesar,” tuturnya.
[tempo.co]

Baca juga:  Tak Turunkan BBM saat Minyak Dunia Turun, Presiden Jokowi tidak Berpihak Rakyat