Harlah NU ke-98, Anies Baswedan Doakan Jokowi Diberi Kemudahan Lawan Corona

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri peringatan hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-98. Anies mendoakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin diberikan kemudahan dalam menangani pandemi virus Corona.

Awalnya Anies menyampaikan bahwa NU memiliki peran penting dalam perjalanan Bangsa Indonesia. Menurut Anies, NU mampu menjaga persatuan dan persatuan bangsa.

“Nahdlatul Ulama terus menambahkan dengan menjaga peran persatuan, menjaga persatuan. Di masa kemarin menjaga persatuan dengan ada ke-Indonesia-an, ada perasaan satu bangsa, satu Tanah Air. Hari ini kita merasakan ada ketimpangan, ketimpangan antara yang berpendidikan dan yang tidak berpendidikan, antara yang berekonomi kuat dan ekonomi lemah, antara yang bekerja dan tak bekerja, sulit membangun persatuan dalam ketimpangan,” kata Anies Baswedan yang disiarkan oleh YouTube NU Channel, Sabtu (27/2/2021).

Anies menyebut membangun persatuan harus didukung oleh kesetaraan. Anies juga mengapresiasi NU dalam memobilisasi gerakan zakat.

“Persatuan harus dibangun dalam perasaan kesetaraan. Persatuan membutuhkan perasaan keadilan, karena itu dorongan tadi gerakan zakat insya Allah NU menjadi penggerak yang sangat efektif untuk ini. Bila sudah ada komandonya, sudah ada azan-nya, insya Allah semua bangun, semua akan bangkit membereskan masalah ketimpangan ini, mengangkat yang di bawah, kalau boleh kami istilahkan, bukan mengecilkan yang besar, membesarkan yang kecil,” kata dia.

Anies mengucapkan terima kasih kepada NU karena telah berkontribusi dalam menangani pandemi Corona. Dia menyebut NU selalu menjadi garda terdepan dalam membantu warga yang terdampak pademi.

“Saat ini kita dalam suasana pandemi, suasana wabah, terima kasih Nahdlatul Ulama telah menjadi salah satu garda terdepan di dalam mencegah penyebaran COVID ini. Di saat masyarakat sulit hadir membantu, penyaluran begitu masif. Pak Kiai, ini sering sekali tidak terlihat media penyalurannya Pak Kiai, tapi dijamin terlihat di mata Allah dan dicatat di dalam sejarah kontribusi bangsa kita,” tutur dia.

Anies meyakini bahwa Bangsa Indonesia mampu melewati pandemi Corona. Anies kemudian mendoakan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin diberikan kemudahan dalam menghadapi pandemi Corona.

“Dan insya Allah kita semua bisa segera melawati masa sulit ini, kita mengalami tantangan bidang ekonomi, tantangan bidang kesehatan, tantangan bidang sosial. Karena itu dalam tahlil nasional ini izinkan saya juga mengajak kepada semua, ini membutuhkan ikhtiar kolektif. Harus berjalan bersama-sama.

“Kita doakan Presiden Republik Indonesia diberikan kemudahan, diberikan keringanan, dibukakan pintu-pintu penyelesaian dalam menghadapi masalah pandemi dan dampaknya. Dan insya Alah bersama-sama bangsa dan negara ini melewati masa sulit. Dan insya Allah para pemimpinnya Bapak Presiden, Wakil Presiden dan semua kita diberikan kesehatan sehingga lewat dari masa ini dan menorehkan babak baru dalam perjalanan sejarah Indonesia. Izinkan saya mengakhiri dengan mengucapkan selamat atas hari lahir Nahdlatul Ulama sekaligus selamat atas diluncurkannya TV NU,” katanya.
[detikcom]