Hore, Warga Tangsel & Depok, Tol Cinere-Serpong Siap Operasi!

Tol Cinere – Serpong ditargetkan segera beroperasi dalam waktu dekat. Untuk seksi 1 Serpong – Pamulang dapat beroperasi lebih awal pada kuartal II-2021

Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Ayu Widya Kiswari menjelaskan hingga 23 Februari 2021, progres konstruksi jalan tol Serpong – Cinere telah mencapai 93,9% sedangkan pembebasan lahannya sudah mencapai 98,7%.

“Untuk masing-masing seksi sendiri yaitu, untuk Seksi 1 Serpong-Pamulang pembebasan lahannya telah mencapai 99,21% dan progress konstruksinya telah rampung 100%, sisa pembebasan lahan saat ini kami kejar untuk pekerjaan jalan samping atau frontage road. Sementara itu, Seksi 2 Pamulang-Cinere pembebasan lahannya telah mencapai 97,35% dan progress konstruksi mencapai 78,904%,” jelas Ayu dalam pernyataan resmi, Jumat (25/2/2021).

Ayu optimistis, Seksi 1 Serpong-Pamulang dapat beroperasi lebih awal, yang ditargetkan pada awal kuartal II Tahun ini (April 2021). Jajaranya juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) untuk selanjutnya dapat menjalani tahap uji laik dan fungsi Jalan Tol Serpong-Cinere.

Baca juga:  Selada Organik Seikat Cuma Rp 2 Ribu

“Jika lulus uji laik dan fungsi, tol ini baru akan beroperasi. Seksi I Serpong – Pamulang akan terhubung dengan jalan tol Kunciran – Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan Presiden Joko Widodo sejak Desember 2019 lalu. Kami juga terus mengebut penyelesaian pekerjaan untuk seksi 2 Pamulang – Cinere,” kata Ayu.

Sebagai informasi, Jalan Tol Serpong-Cinere masuk ke dalam jaringan jalan tol JORR II yang memiliki panjang keseluruhan 10,14 Km. Jalan tol ini terbagi menjadi dua Seksi, yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 kilometer dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 kilometer.

Baca juga:  Cabai Berbakteri, DPR Tegaskan Ada Agenda Tersembunyi China

Jalan tol ini akan memiliki total 4 Gerbang Tol (GT), yakni GT Pamulang, GT Serpong 5, GT Serpong 6, dan GT Serpong 7. Selain itu, jalan tol ini dilengkapi dengan 1 Junction, yakni Serpong Junction yang merupakan pertemuan antara Jalan Tol JORR II dengan Jalan Tol Serpong-Pondok Aren dan 1 Simpang Susun di wilayah Pamulang.

Ayu mengatakan Hadirnya jalan tol Serpong – Cinere diharapkan dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan yang menuju Bandara Soekarno – Hatta dari arah Tangerang Selatan menuju Jakarta (via ruas tol Serpong – Kunciran).
[cnbcindonesia]