Oknum TGUPP Sebabkan ASN Golongan 3 & 4 Pemprov DKI tak Percaya ke Anies

Oknum Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang melakukan berbagai intervensi menyebabkan Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan 3 dan 4 Pemprov DKI tidak percaya kepada Anies Baswedan.

Demikian dikatakan pengamat kebijakan publik Amir Hamzah dalam pernyataan kepada suaranasional, Selasa (16/2/2021). “Berdasarkan informasi yang saya dapatkan ASN Golongan 3 dan 4 di Pemprov DKI mempertanyakan sikap Anies lebih percaya ke TGUPP daripada SKPD,” ungkapnya.

Kata Amir, SKPD tidak berani melaporkan ke Anies oknum TGUPP yang melakukan intervensi birokrasi Pemprov DKI Jakarta. “Pembiaran yang dilakukan oknum TGUPP ini seolah Anies tidak percaya kepada SKPD dan birokrat di Pemprov DKI Jakarta,” ungkap Amir.

Amir juga mendapatkan data yang cukup valid inisial nama oknum TGUPP yang melakukan intervensi birokrasi Pemprov DKI Jakarta. “Inisial nama oknum TGUPP AS, HD dan HH,” jelas Amir.

Kata Amir,  oknum TGUPP ini berupaya “membajak” kewenangan Sekretaris Daerah (Sekda) dalam mengusulkan pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. “Dalam UU Sekda yang berwenang mengusulkan seseorang menjadi pejabat. Jadi gubernur mau mengangkat pejabat itu usulan dari Sekda bukan usulan dari oknum TGUPP ataupun asisten Sekda. Usulan dari Sekda kemudian Gubernur minta pertimbangan dari pihak lain,” jelas Amir.