Sebut Islam Agama Arogan, PBNU: Abu Janda tak Ngerti Islam

Pegiat media sosial Abu Janda alias Permadi Arya tidak mengerti Islam dalam pernyataan di Twitter yang menyebut Islam agama arogan.

“Nggak ngerti Islam itu. Masa ngomong gitu? Harus dibedakan antara agama dan orang ya,” kata Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini di gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (28/1/2021).

Helmy Faisal mengatakan, semua agama mengajarkan kebaikan dan menolak kekerasan. “Semua agama mengajarkan kedamaian. Kalau ada mengajarkan kekerasan itu oknum-oknum umat beragama itu,” ungkapnya.

Ia menegaskan pernyataan Abu Janda tak ada kaitannya dengan NU. “Oh nggak dong. Saya kira pernyataan yang disampaikan Abu Janda kalau seperti itu, itu tidak mewakili NU ya. Tidak mewakili NU,” jelas Helmy.

Abu Janda dalam aku Twitternya, @permadiaktivis1, Senin (25/1/2021) mengomentari banyak kasus distriminasi yang mengatasnamakan Islam.

“Islam memang agama pendatang dari Arab, agama asli Indonesia itu sunda wiwitan, kaharingan dan lain-lain. dan memang arogan, mengharamkan tradisi asli, ritual orang dibubarkan, pake kebaya murtad, wayang kulit diharamkan. kalau tidak mau disebut arogan, jangan injak-injak kearifan lokal,” kata Abu Janda.