by

Peneliti Australia: Pandemi Memburuk, Jokowi Ingin Menunjukkan Dirinya Segalanya dalam Infrastruktur

Peneliti Australia Ben Bland mengkritik Joko Widodo (Jokowi) di tengah pandemi Covid-19 menunjukkan sosok segalanya sebagai dalam infrastruktur dengan menampilkan foto sendiri naik pesawat untuk meresmikan tol baru di sumatera.

“In the seventh year of his presidency, and in the midst of a worsening pandemic, Jokowi is still keen to portray himself above all as the infrastructure president,” kata Ben di akun Twitter-nya @benjaminbland.

Ben mengatakan seperti itu menanggapi akun resmi Presiden Jokowi @jokwoi: Pagi ini, bersama rombongan terbatas, saya bertolak menuju kota Palembang untuk meresmikan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang. Ruas tol ini bagian dari Trans Sumatra yang akan menghubungkan Lampung di ujung timur sampai Aceh di ujung barat Pulau Sumatra.

Ben merupakan penulis buku ‘Man of Contradictions – Joko Widodo and the Struggle to Remake Indonesia’.

Dalam 6 bab buku setebal 180 halaman ini, Ben memaparkan bagaimana “seorang pembuat mebel” berhasil menangkap imajinasi bangsa Indonesia tentang sosok pemimpin yang diidam-idamkan, namun juga penuh “kontradiksi”.

“Kontradiksi tidak sepenuhnya konsep yang negatif, tapi menyiratkan Jokowi sedang bertarung untuk mendamaikan banyak persoalan,” ujar Ben.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed