Pengamat: Jelas Langgar Pancasila, BPIP Membisu Korupsi Bansos

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tidak berkomentar kasus korupsi bantuan sosial (bansos) yang melibatkan elit PDIP padahal sangat jelas melanggar Pancasila.

“BPIP hanya membisu terkait kasus korupsi bansos yang melibatkan elit PDIP. Padahal kasus ini sangat bertentangan dengan Pancasila,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Senin (25/1/2021).

Menurut Muslim, BPIP harusnya mengutuk keras korupsi bansos dan meminta KPK memeriksa madam dan petinggi PDIP. “Sangat tidak mungkin BPIP meminta KPK memeriksa elit PDIP karena Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP,” paparnya.

Baca juga:  Bareskrim Polri Minta Pengacara Brigadir Joshua tak Banyak Ngoceh di Media

Kata Muslim, keberadaan BPIP justru menjadi alat legitimasi penguasa untuk membiarkan tindakan yang melanggar Pancasila seperti korupsi. “Diamnya BPIP seolah-seolah menjadi pembenar korupsi bansos yang dilakukan elit PDIP,” jelas Muslim.

Muslim mengatakan, wacana pembubaran BPIP itu sangat tepat karena lembaga ini tidak mempunyai fungsi dan membebani keuangan negara. “Membayar gaji petinggi BPIP sangat tinggi di tengah beban keuangan negara,” pungkasnya.

Baca juga:  Minta Harga Vaksin Corona tak Harus Dipublikasikan, Pengamat: Dugaan Jokowi Lindungi Permainan Cukong