Politikus Gerindra Sarankan Anies Mundur dari Gubernur

Anies Baswedan yang meminta pemerintah pusat mengambil alih koordinasi Covid-19 menunjukkan ketidakmampuan Gubernur DKI Jakarta dan lebih baik mundur dari jabatannya.

“Anies meminta pemerintah pusat untuk mengambil alih koordinasi penanganan Covid 19 di Jakarta, menimbulkan pertanyaan besar apakah Anies nyerah lawan Covid-19? Jika seperti itu maka sebaiknya mundur saja dari Jabatan Gubernur,” kata politikus Gerindra Ali Lubis dalam pernyataan kepada wartawan, Jumat (22/1/2020).

Kata Ali, alasan Anies yang meminta pemerintah pusat mengambil alih koordinasi Covid-19 di ibu kota agar ada peningkatan fasilitas kesehatan di rumah sakit disekitar daerah penyanggah Jakarta tidak tepat.

Ali berdalih bahwa pasien dari luar Jakarta yang datang ke rumah sakit akibat terpapar virus covid-19 karena banyaknya rumah sakit rujukan di Jakarta, sebagaimana Keputusan Gubernur No. 492 tahun 2020 tentang perubahan atas Keputusan Gubernur No. 378 tahun 2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Coronavirus Disease (Covid-19).

Baca juga:  Kajian Politik Merah Putih: Oligarki Telah Mengunci Pemenang Pilpres 2024

“Jika melihat posisi Anies saat ini dimana banyak warga Jakarta yang mendukung dirinya, seharusnya sangat mudah bagi dirinya untuk melawan Covid-19 di Jakarta. namun secara fakta tidak demikian. Ada apa ini?,” tanya Ali heran.

Ia mengakui bahwa selama ini Gubernur Anies Bawesdan telah mempertontonkan aksi spektakuler dalam penanganan penanggulangan penyebaran Covid-19 di Pemprov DKI Jakarta. Di antaranya menerbitkan beberapa Peraturan Gubernur (Pergub), dan bersama DPRD DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) serta melaksanakan kebijakan sanksi kepada warga, namun tidak mampu meredam sang virus mematikan asal Wuhan-China, dan mendadak hilang, lenyap didalam pemberitaan media nasional.

Baca juga:  Demo ke Rumah SBY, Mahasiswa Anggap Sekarang tak Ada Presiden

“Bahkan Rem Darurat pun dilakukan, tapi tetap tak maksimal hasilnya. Sampai pada akhirnya tersiar kabar dimana Anies meminta pemerintah pusat untuk mengambil alih kordinasi penanganan covid-19 di Jakarta,” ungkap Ali.

Bila keinginan Anies Bawesda meminta pemerintah pusat mengambil alih koordinasi penagan Covid-19 di Pemprov DKI Jakarta disetuji, maka Ali berharap penanganan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 di Jakarta lebih baik jika diambil alih Pemerintah Pusat.

“Semoga penanganan penanggulangan penyebaran Covid-19 di Jakarta lebih baik jika diambil alih pemerintah pusat, sehingga dapat mengurangi bertambahnya warga Jakarta yang terpapar virus Corona,” pungkas Ali.