by

Mendadak Viral Mensos Risma Temui Pengemis, Netizen: Blusukan Kok  Hanya di DKI

Kegiatan blusukan yang dilakukan Menteri Sosial Tri Rismaharini sedang viral di media sosial. Eks Wali Kota Surabaya itu disorot karena gaya blusukannya yang menemui kalangan tuna wisma seperti pengemis, pemulung di jalanan Ibu Kota.

Gaya Risma, begitu dia biasa disapa, diunggah salah satunya oleh akun Twitter @PDI_Perjuangan. Dalam akun Twitter bercentang biru itu, ada video Risma yang menemui sejumlah tunawisma di Ibu Kota. Dari keterangan di akun tersebut, Risma melakukan blusukan pada Senin kemarin, 4 Januari 2021.

Mengenakan baju putih sambil bermasker, Risma tampak ditemani sejumlah orang yang diduga staf Kementerian Sosial. Ia tampak mengajak berbincang sejumlah tunawisma dengan bertanya soal tempat tinggal rumah.

“Pak saya carikan rumah ya bisa tinggal bapak ya. Ikut saya ya pak. Nanti bapak di sana tetap dijaga,” kata Risma di video tersebut yang dikutip VIVA, Selasa, 5 Januari 2021.

Dalam video itu, tampak tunawisma mengaku hanya ingin pulang ke kampung halamannya di Asahan, Sumatera Utara. Risma pun mengaku siap memfasilitasi tunawisma tersebut untuk pulang ke kampung halamannya.

“Kalau bisa pulang, oke saya pulangkan. Tapi, ikut ke kantor saya dulu ya pak,” kata Risma.

Menanggapi aksi Risma, netizen pun memberikan komentarnya. Ada netizen yang memberikan dukungan. Namun, ada juga netizen yang mengkritisi cara perempuan 59 tahun itu.

Salah satunya disampaikan pemilik akun @UripSumoharjoAd yang meminta Risma tak cuma blusukan di DKI Jakarta. Sebab, sebagai Mensos, maka Risma harus punya perhatian ke daerah lain seperti Tanjung Pinang yang baru terkena musibah banjir.

“Blusukan kok di DKI…ibu Mensos RI ingat itu Bu..di Tanjung Pinang ada musibah banjir sudah kah ada team ibu kesana kah?” tulisnya.

Kemudian, ada lagi netizen yang menyarankan agar Risma fokus untuk urusan bantuan sosial atau bansos. Seperti yang disampaikan akun @DivergentBound1 yang menyinggung urusan bansos yang dikorupsi.

“Eeh btw.., mendingan Bu Mensos nya suru focuz ke Bansos yg diembat itu looh. Mending dibenahin doloo tuh internal nya.., napa  Bansos bisa diembat gitu.. Cobak deh staf2 nya dari ats ampe bawah dibenahin dolooo gitu,” demikian cuitan akun tersebut.

Netizen lain ada yang mendukung cara Risma. Risma didoakan sehat dan bisa blusukan ke berbagai daerah lain di Indonesia.

“Alhamdulillah, terimakasih bu Risma, kami sangat apresiasi sekali dengan kerendahan hati ibu untuk berdialog dengan tunawisma, juga yg di kolong jembatan lalu. Semoga ibu istiqamah untuk tetap low profile, & bisa keliling Indonesia blusukannya. Sehat selalu ibu,” tulis akun @bagaz13

“Salut atas kinerja mensos, saya dukung 1000% daripada meniru kinerja mensos sebelumnya yang MENSENGSARAKAN rakyat, setidaknya membantu tugas depsos DKI,” sebut akun @NurhamimH.

 (Viva)

Loading...
Loading...

loading...

News Feed