Kabar Gempar Di Wisma Atlet Ada Nakes Hubungan Sejenis dengan Pasien COVID-19


Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Jakarta Pusat, gempar. Beredar viral di media sosial, ada tenaga kesehatan (nakes) mesum sesama jenis dengan pasien positif Corona(COVID-19).



Kasus ini awalnya diunggah pemilik akun Twitter @bottialter pada Jumat (25/12). Dia mengunggah screen capture atau tangkapan layar berisi percakapan mesum sesama jenis dengan perawat diduga di Wisma Atlet.





Tak butuh waktu lama, cuitan tersebut pun viral. Banyak netizen yang mengecam dan ramai-ramai melaporkan dugaan kasus mesum sesama jenis ini ke akun media sosial Kemenkes, BNPB, hingga Polri.



Dilihat detikcom, akun @bottialter kini sudah digembok.



Wisma Atlet Sebut Belum Ada Laporan soal Nakes-Pasien Mesum Sesama Jenis



Komandan Lapangan RSD COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran Letkol Laut M Arifin. Dia mengatakan pihaknya belum mendapat laporan atas hal ini. Pihaknya akan melakukan pendalaman jika ada laporan.



“Belum ada laporan, nanti kita dalami kalau ada laporan. Sementara belum ada laporan,” ujar Arifin saat dihubungi, Sabtu (26/12/2020).



Arifin memastikan, apabila kasus tersebut memang terjadi di Wisma Atlet, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi. Dia kembali menegaskan belum menerima laporan mengenai dugaan peristiwa tersebut.



“Nggak ada kaitannya dengan ini (penanggulangan COVID-19) kita pasti akan sikat kalau seumpama ada,” ucapnya. Dia mengatakan pihaknya saat ini tengah fokus menangani pasien di Wisma Atlet yang semakin meningkat.



“Kita fokusnya pasien lagi meningkat,” kata Arifin.



Wisma Atlet Periksa Nakes yang Mesum Sesama Jenis dengan Pasien



Perawat yang diduga mesum sesama jenis dengan pasien di RSD Wisma Atlet tersebut sedang diperiksa.



“Masih dalam penyelidikan. Sementara belum diputuskan langkah selanjutnya karena masih diproses, diduga sesama jenis,” ujar Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Brigjen Muhammad Saleh Mustafa saat dihubungi detikcom, Sabtu (26/12/2020).



Saleh mengatakan pihaknya kini sedang melakukan pemeriksaan terhadap nakes yang diduga berbuat mesum sesama jenis.



Pasien yang Mesum Sesama Jenis dengan Nakes Positif Corona, Belum Diperiksa



Pasien yang diduga mesum sesama jenis dengan tenaga kesehatan (nakes) RSD Wisma Atlet hingga kini belum menjalani pemeriksaan. Hal itu karena pasien saat ini masih positif COVID-19.



“Pasiennya masih positif sehingga belum diperiksa. Sedang diperiksa yang perawatnya,” ujar Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Brigjen Muhammad Saleh Mustafa saat dihubungi detikcom, Sabtu (26/12/2020).



Saleh mengatakan pihaknya hingga kini masih menyelidiki kasus tersebut. Karena itu, Wisma Atlet belum dapat memutuskan langkah selanjutnya.



“Masih dalam penyelidikan. Sementara belum diputuskan langkah selanjutnya karena masih diproses, diduga sesama jenis,” ujarnya.



Komisi IX DPR Minta Nakes-Pasien Diduga Mesum Sesama Jenis Ditindak Tegas



Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen, meminta agar kasus ini diusut tuntas.



“Pengelola Wisma Atlet dan Pihak yang bertanggungjawab harus bertindak tegas untuk menyelidiki kasus ini, agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang baik dari oknum maupun dari tenaga kesehatan. Ini memang tidak mudah karena menyangkut kasus moral, tapi harus ada tindakan agar tidak merugikan pihak tertentu,” ujar Nabil saat dihubungi, Sabtu (26/12/2020).



Nabil mengatakan aksi yang diduga dilakukan tenaga kesehatan dan pasien tersebut dapat meningkatkan penyebaran COVID-19. Dia juga meminta protokol kesehatan di Wisma Atlet diperketat.



(Detikcom)