Usaha Milik Mualaf, Syuriah PBNU Serukan Boikot JNE

Rais Syuriah PBNU, KH Ahmad Ishomuddin serukan warga NU se-Indonesia untuk tidak menggunakan alias boikot jasa JNE via akun facebooknya, Sabtu (12/12).

“Saya serukan kepada seluruh warga NU se-Indonesia untuk tidak menggunakan jasa JNE”, tulis Rais Syuriah termuda ini.

Kiai yang akrab disapa Gus Ishom ini tidak menyebutkan alasannya pada postingan tersebut. Namun, postingan telah viral.

Menanggapi ajakan boikot jasa JNE ini, Muhammad HR, salah seorang pengurus NU yang juga pemilik bisnis online RF Group, mengaku siap mengikuti ajakan Rais Syuriah PBNU tersebut.

“Sebagai Nahdliyyin, kami sami’na wa atho’na saja,” ujar pengusaha online beromset milyaran perbulan ini via Watshapp.

“Yang lebih penting, Presiden wajib segera merespons aspirasi publik yang meminta pemerintah membentuk Tim Pencari Fakta independen. Agar tim ini kelak memiliki predikat otoritatif, maka wajib dibentuk atas inisiasi Negara. Sementara, legitimasi tim ditentukan dengan melibatkan semua unsur dalam Tim,” pungkasnya.

Seruan boikot PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) sebuah perusahaan jasa pengiriman barang menjadi trending di media sosial Twitter. Ajakan untuk tidak menggunakan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang ini bermula ketika akun resmi perusahaan tersebut mengunggah video pendakwah Haikal Hassan yang mengucapkan selamat ulang tahun ke-30 kepada JNE.

Video yang diunggah di akun Twitter JNE_ID pada 4 Desember 2020 ini pun mendapat beragam komentar negatif dari Nitizen. Salah satunya dari pemilik akun Twitter @musashi_masabi yang mengatakan dirinya tidak akan lagi mengunakan layanan jasa JNE.

Sementara itu, akun Je-Ly mengatakan jika JNE netral pasti perusahaan tersebut mengundang pendakwah yang mencintai Pancasila bukan ulama yang selalu menghina pemerintah.

“Pasa akhirnya ini dianggap hanya sebagai slogan dong. Kalo memang @JNE_ID netral pasti yang dipanggil ngisi ceramah pun yang cinta Pancasila. Bukan yg anti NKRI macam @haikaI_hassan. Provokator yg selalu hina-hina pemerintah. Pantas #BoikotJNE trending no 1. Pindah ke lain hati,” tulis pemilik akun tersebut.

Banyaknya komentar miring tentang video ucapan Haikal Hassan ini membuat pihak JNE pun menghapus unggahan tersebut.

Bos PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Johari Zein atau Djohari Zein merupakan sosok pengusaha muslim yang inspiratif. Lahir di Medan, Sumatera Utara pada tahun 1954 dari keluarga pedagang Tionghoa, ia lahir dalam keluarga yang menganut agama Budha.