Pengamat: Jokowi Lebih Baik Diperiksa Mabes Polri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih baik diperiksa Mabes Polri akibat terjadinya demo menolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja.

“Agar keadilan tegak di Indonesia, setelah Anies diperiksa Polda Metro Jaya. Selanjutnya Mabes Polri harus memeriksa Presiden Jokowi dalam kasus kerumuman massa demo menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Kamis (19/11/2020).

Menurut Muslim, Jokowi yang menjadi penyebab demo menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja. “Kalau Jokowi membatalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja tentunya tidak ada demonstrasi secara massif di berbagai daerah. Faktor penyebabnya dari Jokowi,” papar Muslim.

Kata Muslim, pemanggilan Anies oleh Polda Metro Jaya sangat politis untuk menekan Gubernur DKI Jakarta. “Klarifikasi di Polda Metro Jaya sampai 9 jam seperti orang yang akan dijadikan tersangka,” ungkapnya.

Muslim menilai, cara Rezim Jokowi terhadap orang yang berseberangan dengan pemerintah sangat tidak etis dan bisa memunculkan kemarahan rakyat. “Rezim Jokowi terlalu kasar dalam menghadapi orang maupun kelompok yang berseberangan dengan pemerintah,” jelas Muslim.