by

Muncul Meme Presiden Prancis Ancam Boikot Mobil Esemka

Saat ini muncul meme Presiden Prancis Emmanuel Macron akan memboikot mobil Esemka

“Jika pemerintah Indonesia ikut serta memboikot dari Prancis. Kami pun akan memboikot mobil Esemka,” tulis meme yang beredar di media sosial.

Meme ini sebagai bentuk sindiran terhadap mobil Esemka yang pernah dibanggakan Presiden Jokowi namun tidak jelas keberadannya sampai sekarang.

Sejumlah asosiasi dagang di negara- negara Arab melakukan boikot terhadap produk-produk Prancis. Embargo dilakukan menyusul pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dinilai menghina Islam terkait kartun Nabi Muhammad.

Baca juga:  Wow, Menteri Bocorkan Mahar Ahok ke PDIP Rp 10 Triliun?

Emmanuel Macron sebelumnya menyatakan tidak akan mencegah penerbitan kartun yang menghina Nabi Muhammad dengan dalih kebebasan berekspresi di negaranya.

Pernyataan tersebut langsung memicu kemarahan oleh negara-negara Arab dan dunia Muslim. Dilansir dari Al Jazeera, Rabu (28/10/2020), setelah seruan boikot produk Prancis dari para pengusaha dan asosiasi bisnis, sejumlah toko-toko ritel dan supermarket menarik produk-produk buatan Prancis dari rak-rak penjualan.

Tampak dalam beberapa foto-foto yang beredar, rak swalayan di berbagai negara Arab yang berisi produk impor Prancis dikosongkan.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed