Setahun Pemerintahan, Jokowi Dihadiahi Nama Jalan di UEA


Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Ma’ruf Amin telah setahun. Peringatan tersebut menjadi lebih lengkap setelah pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) mengganti nama seruas jalan di ibukota Abu Dhabi menjadi Jalan Presiden Joko Widodo atau President Joko Widodo Street.



Pemberian nama Jalan Presiden Joko Widodo di UEA ini seakan-akan menjadi kado ulang tahun peringatan setahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.





“Jalan yang membelah kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik itu menggunakan nama saya. Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia. Sebuah gambaran betapa eratnya hubungan di antara dua negara yang kini bekerja sama dalam berbagai bidang,” tulis Jokowi di akun Instagramnya.



Jokowi mengharapkan pemberian nama Jalan Presiden Joko Widodo di UAE akan memperkuat hubungan kedua negara, dan bisa bermanfaat bagi rakyat Uni Emirat Arab dan Indonesia.



Baca juga:  Peneliti LIPI Olah Limbah Masker Sekali Pakai Jadi Bahan Baku Plastik

Sebelumnya, jalan tersebut bernama Al Maarid Street yang berarti ekshibisi atau pameran. Jalan Presiden Joko Widodo di UEA jika melihat peta di Google dekat dengan lokasi berbagai kedutaan besar di Abu Dhabi. Jalan itu membelah kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik seperti Kedubes AS, Iran, India, Pakistan, Turkmenistan, Suriah dan Yordania.



Umumnya, nama-nama jalan di Abu Dhabi merupakan nama geografis yang merefleksikan sejarah daratan lokasi jalan tersebut, sekaligus melestarikan budaya dan identitas Abu Dhabi. Akan tetapi, pada tahun 2013 Pemerintah melakukan perubahan.



Sejumlah jalan utama diganti dengan nama-nama pemimpin besar Abu Dhabi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan mengenang visi, kepemimpinan dan kontribusi mereka dalam membangun masyarakat.



Baca juga:  Pasca Teror Sarinah, Muncul Drama Baru Perang Terhadap Terorisme

Nama-nama jalan tersebut di antaranya, Fatima Bint Mubarak Street, Shaikh Zayed Bin Sultan Street, Khalifa Bin Zayed Al Nahyan Street, Khalifa Bin Zayed First Street, Sultan Bin Zayed First Street, Shakhbout Bin Sultan Street, Mubarak Bin Mohammad Street dan Salaama Bint Butti Street.



Selain nama jalan Presiden Joko Widodo di UEA, nama jalan tokoh di Indonesia telah ada di beberapa negara, di antaranya Jalan Sukarno di Rabat, Maroko, Jalan Muhammad Hatta di Harleem, Belanda, Jalan Raden Adjeng Kartini di Amsterdam dan Jalan Munir di Den Haag.



(Ddn/Detikcom)