Tak Dibubarkan, Jokowi Fungsikan Relawan sebagai Anjing Penjaga

Joko Widodo (Jokowi) tidak membubarkan relawan karena difungsikan sebagai anjing penjaga untuk melindungi rezim ini dari kritikan berbagai pihak.

“Rezim ini dikritik, maka relawan yang akan maju membela Jokowi. Relawan ini bisa melaporkan polisi pihak-pihak yang mengkritik Jokowi maupun para menterinya,” kata pengamat sosial dan politik Muhammad Yunus Hanis kepada suaranasional, Rabu (7/10/2020).

Menurut alumni pascasarjana sosiologi UGM ini, relawan difungsikan sebagai anjing penjaga Jokowi dan anggota kabinetnya. “Baru saja Najwa Shihab dilaporkan Relawan Jokowi karena dianggap melecehkan Menteri Kesehatan Terawan. Ini menunjukkan fungsi relawan sebagai anjing penjaga,” jelasnya.

Baca juga:  Kajian Politik Merah Putih: Jokowi tak Peduli Menabrak Etika dan Konstitusi

Kata Yunus, Relawan Jokowi pernah melaporkan Majalah Tempo ke polisi. “Jokowi ingin memposisikan sebagai orang yang paling benar dalam segala kebijakannya,” papar Yunus.

Selain itu, ia mengatakan, relawan juga dibutuhkan untuk menjadikan Jokowi sebagai sosok pahlawan di Indonesia. “Jokowi butuh relawan yang selalu memuji dan membenarkan segala kebijakannya. Jokowi ingin menjadi pahlawan,” pungkasnya.

Baca juga:  Fahri Hamzah Puji Setinggi Langit Pasangan Prabowo-Cak Imin