Ipda Rachmat Gumilar Siap Terima Telepon 24 Jam

Ramah, bicaranya tuntut disertai data dan dialeg sundanya sangat kentara. Bagi kalangan wartawan, namanya sudah tidak asing lagi. Itulah Paur Subbag Humas Polresta Bogor Kota Ipda Rachmat Gumilar.

Ditemui suaranasional di kantornya, Rachmat Gumilar menyatakan selalu memberikan informasi kepada wartawan. “Saya siap menerima telepon 24 jam dari wartawan,” ungkapnya, Kamis (17/9/2020).

Rachmat menyatakan, saat wartawan menghubunginya tentu tidak bisa langsung menjawab ketika memerlukan kevalidan data. “Kalau saya tahu bisa langsung jawab. Ini menyangkut kebenaran informasi,” paparnya.

Ia juga menyatakan, dalam memberikan informasi terkait kepolisian harus berdasarkan persetujuan dari pimpinan. “Ada wartawan yang menanyakan sesuatu menyangkut institusi harus ditanyakan ke atasan dulu,” jelas Rachmat.

Selain itu, Rachmat juga mempunyai kepedulian lingkungan. Ia pernah melakukan pengolahan limbah rumah potong hewan (RPH) menjadi pupuk organik di Bubulak, Bogor Barat.

Untuk menjadikan pupuk dan menghilangkan bau menyengat dari limbah RPH, Rachmat menggunakan asam laktat. Rachmat dan RPH merekrut masyarakat sekitar untuk membentuk kelompok tani.

Selanjutnya, kelompok tani diberdayakan untuk menanami lahan RPH dengan bibit tanaman. (Achsin)