Politikus PDIP Arteria Dahlan Bantah Kakeknya Pendiri PKI Sumbar

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Arteria Dahlan membantah kakeknya pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) di Sumatera Barat (Sumbar)

“Jadi kalau kakek saya itu saudagar pedagang, enggak ikut-ikutan politik,” kata Arteria, Rabu (9/9/2020) dikutip dari Republik Merdeka Online.

Kata Arteria, keluarganya termasuk aktivis Partai Masyumi bahkan neneknya masuk penjara. “Itu dia, nenek saya tokoh Masyumi, dipenjara dulu nenek saya, masa saya dibilang PKI gimana? Jadi salah kutip kali, Hasril Chaniago,” ungkapnya.

Sementara mengenai tudingan keturunan PKI dalam acara ILC, Arteria menangkap bahwa saat itu Hasril Chaniago sedang menjelaskan perihal sebuah keluarga di Minang yang bisa berwarna dalam urusan politik, bisa Masyumi, PKI dan PNI.

Sepengetahuannya, Hasril sebatas berkelakar saat memberi penjelasan. Termasuk saat menyinggung dirinya keturunan dari Bachtaruddin.

“Dia (Hasril) bilang jangan-jangan om-nya Arteria itu PKI, dia kan ngomong begitu. Saya justru malah deketnya sama Ibu Hajah Rasuna Said. Satu keluarga kita bukan PKI, yang Masyuminya ayah saya banyak mendapatkan bimbingan dari Umi Rasuna Said,” jelasnya.