Golongan Tertinggi di Sisi Allah

Oleh: KH Luthfi Bashori

Diriwayatkan dari Rasulullah SAW, bahwa beliau bersabda, “Sebaik-baiknya umatku adalah kelompok tertinggi di tempat-tempat yang tinggi (kelak di sorga). Mereka adalah kaum yang tertawa (bahagia) dengan suara jelas karena (mendapati) luasnya rahmat Allah dan menangis dengan suara pelan, karena takut siksa Allah. Mereka di waktu pagi dan petang berada di dalam rumah-rumah yang baik. Mereka berdoa dengan penuh harap dan rasa takut. Mereka memohon kepada-Nya dengan menurunkan dan mengangkat tangan mereka. Mereka rindu kepada-Nya dengan hati mereka di waktu pagi dan petang.”

Baca juga:  Jadi Ulama Lebih Mulia daripada Jadi Umara

Sebagian umat Islam, ada golongan yang rajin beribadah baik yang wajib seperti aktif berjamaah shalat lima waktu, puasa Ramadhan, bayar zakat serta berhaji, atau ibadah yang sunnah seperti rajin berdzikir, memperdalam ilmu agama, hadir majelis ta’lim, bersedekah, shalat sunnah, puasa sunnah dan lain sebagainya.

Mereka inilah yang kelak akan mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Allah. Maka berbahagialah bagi siapa saja yang telah dibimbing oleh Allah untuk menjadi salah satu dari golongan yang tersebut di atas.

Hendaklah mereka ini menjaga diri agar jangan sampai tiba-tiba dikeluarkan oleh Allah dari golongan mulia ini, karena tidak pandai menjaga diri, serta teledor dari keharusan menjaga keistiqamahan dalam berbuat kebaikan.

Baca juga:  Allah Kisahkan Raja Namrud yang Sombong dan Merasa Berkuasa Dikalahkan Nyamuk

Golongan ini adalah orang-orang yang hidup bahagia menikmati luasnya nikmat-nikmat dari Allah, dan mereka senantiasa bersyukur serta selalu mengingat Allah juga. Mereka selalu mendekatkan diri kepada Allah, bersimpuh menangis di hadapan Allah karena takut kepada Allah atas kealpaan-kealpaannya.