Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya: Ada Pembelokan Sejarah Pancasila & Pengkultusan Bung Karno

Saat ini ada pembelokan sejarah Pancasila dengan menyebutkan kelahiran ideologi negara itu 1 Juni 1945 serta pengkultusan terhadap Soekarno (Bung Karno).

“Saat ini adalah pembelokan sejarah, di mana kemudian pembelokan sejarah yang puncaknya dikeluarkannya Keppres 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945,” kata Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya Prof Ahmad Zahro dalam acara Webinar Nasional dengan tema “Menjaga Panasila, Kami Pancasila, Kamu Eka Sila”

Menurut Ahmad Zahro, berdasarkan sejarah yang dipelajari sejak Sekolah Dasar (SD) bahwa nilai-nilai Pancasila 22 Juni 1945. “Disahkan Pancasila sebagai idelogi negara pada 18 Agustus 1945,” paparnya.

Kata Ahmad Zahro, saat ini ada upaya mengkultusan terhadap Bung Karno sebagai satu-satu pencetus Pancasila dan pendiri bangsa Indonesia. “Bung Karno bukan satu-satunya yang menyusun konsep Pancasila,” papar Ahmad Zahro.

Ahmad Zahro juga mengkritik amandemen UUD 45 yang menyebabkan kondisi bangsa Indonesia seperti sekarang ini. “Sudah lima kali diamendemen, yang menjadi sebab negara menjadi seperti saat ini,” ungkapnya.