Pengamat: Berbahaya, Vaksin Covid-19 dari Cina Harus Ditolak

Pemerintah dan rakyat Indonesia harus menolak vaksin Covid-19 dari Sinovac, Cina karena membahayakan bagi warga dan kedaulatan bangsa.

“Kita tolak saja vaksin Covid-19 dari Sinovac, Cina karena bisa membahayakan warga dan kedaulatan bangsa,” kata pengamat kebijakan publik Amir Hamzah kepada suaranasional, Rabu (19/8/2020).

Menurut Amir Hamzah, kedaulatan bangsa bukan hanya batas fisik suatu negara. “Vaksin Cina menerobos kedaulatan Indonesia. Gen orang Cina berbeda dengan Indonesia sehingga walaupun diucoba di Cina, bisa belum tentu di Indonesia bisa,” jelas Amir Hamzah.

Baca juga:  HET Minyak Goreng Dicabut dan Disesuaikan Harga Pasar, SBK: Rezim Jokowi Dikendalikan Taipan

Di negeri Tirai Bambu, kata Amir Hamzah, vaksin Covid-19 dari Sinovac Cina ditolak warganya sendiri. “Di Cina sendiri vaksinnya ditolak masyarakat setempat,” ungkap Amir Hamzah.

Selain itu, Amir Hamzah meminta bangsa Indonesia menggunakan vaksin Covid-19 yang diproduksi Unair yang kerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan TNI. “Ahli dari UI juga bisa berkomunikasi dengan ahli dari Unair sehingga saling mengisi,” pungkasnya.

Baca juga:  Aktivis ProDem: Rezim Jokowi Semena-mena Terhadap Rakyat