Permudah Dokter Asing Masuk RI, Pengamat: Luhut tak Punya Nasionalis

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tidak punya nasionalis dengan rencana mempermudahnya masuknya dokter asing di Indonesia.

Demikian dikatakan pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Ahad (16/8/2020). “Harusnya dokter di Indonesia harus dilindungi,” ungkapnya.

Menurut Muslim, masuknya dokter asing di Indonesia merugikan bangsa Indonesia. “Belum lagi kompetensi siapa yang menilai kompetensi dokter asing tersebut. Rencana Luhut itu banyak ditentang dokter Indonesia,” jelas Muslim.

Muslim mengatakan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) harus menolak rencana Luhut mempermudah dokter asing masuk ke Indonesia. “IDI jangan hanya diam saja. Dokter asing masuk Indonesia bentuk penjajahan baru di Indonesia,” papar Muslim.

Pemerintah berencana membangun rumah sakit internasional dan mempermudah dokter spesialis asing masuk ke Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Luhut Panjaitan mengatakan hal ini dilakukan agar masyarakat yang berkeinginan mendapat pengobatan khusus tak perlu pergi ke negara lain.

Ia mengatakan kemudahan bagi dokter asing itu akan dilakukan dengan memberikan visa khusus kepada mereka supaya proses administrasi yang diperlukan untuk masuk ke Indonesia bisa lebih mudah.

“Kami sudah pertimbangkan visa itu untuk orang-orang spesifik, kerjanya, saya kira enggak perlu (ribet). Dan kemudian boleh ada multiple visa buat spesifik orang-orang yang kita butuhkan untuk kegiatan dalam negeri,” kata Luhut dalam webinar yang digelar Apindo, Kamis (13/8).