by

Repdem Papua Barat Satu Suara dengan Majelis Rakyat Papua: Dukung Calon Bupati Orang Papua

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Relawan Perjuangan Demokrasi (REPDEM) Provinsi Papua Barat, Dominggus Yable, menyatakan dukungan terhadap tiga calon kepala daerah yang merupakan putra asli Papua.

Ketiga calon kepala daerah itu adalah Calon Bupati Manokwari, Hermus Indouw; Calon Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran; dan Calon Bupati Fakfak, Mervin Komber untuk bertarung di dalam Pilkada 2020.

“Kami Repdem Provinsi Papua Barat, sebagai organisasi yang hadir untuk memperjuangkan hak-hak dasar rakyat, salah satunya hak politik rakyat Papua tentu menyatakan sikap,” demikian keterangan pers Dominggus Yable kepada awak media, Minggu (9 Agustus 2020).

Keputusan REPDEM Papua Barat sejalan dengan kebijakan Majelis Rakyat Papua yang sebelumnya meminta kepada partai politik mencalonkan orang asli Papua, sebagai bentuk penghormatan mendukung orang asli Papua, sebagai calon bupati dan wakil bupati, dan wajib didukung semua elemen politik.

Baca juga:  Kapolres Lamongan Minta Warga tak Sebarkan Hoaks

Menurut Dominggus, kebijakan ini diambil berdasarkan pertimbangan yang sangat matang serta tertuang dalam amanat Otonomi Khusus (Otsus) dengan ditetapkannya Undang-Undang (UU) Nomor 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Papua dan UU No 35 tahun 2008 tentang Otonomi Khusus bagi Papua Barat.

“Kami sudah perhatikan dengan seksama rekam jejak ketiga kandidat calon bupati ini. Ketiganya sudah sungguh-sungguh bekerja sesuai visi misi REPDEM dalam semangat gotong royong membangun daerahnya. Kami satu ide, satu pikiran,” ujar Dominggus.

Khusus untuk Pilkada Kabupaten Fakfak, dukungan penuh diberikan REPDEM Papua Barat kepada Mervin Komber sebagai salah satu putra terbaik Papua.

Baca juga:  Tuding Ada Anggota HTI di Demo Mahasiswa, Upaya Stigmatisasi ke Kelompok Radikal

Mervin Komber adalah Anggota DPD RI mewakili provinsi Papua Barat dua periode yakni 2009–2014 dan 2014–2019. Tak hanya itu, Mervin Komber juga pernah menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan DPD.

“Sebagai Ketua DPD Repdem Provinsi Papua Barat, kami telah mengamati, khususnya calon bupati Kabupaten Fakfak, dimana calon yang memperebutkan partai sisa dua calon, maka yang memenuhi semangat UU OTSUS adalah Mervin Komber sebagai salah satu putra Kabupaten Fakfak,” ujar Dominggus.

“Kami merasa Mervin Komber layak dan patut didukung oleh semua pihak, terutama dukungan dari Partai Politik,” tegasnya.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed