by

Berikut Sapi Kurban Presiden Jokowi, dari Gombloh hingga Simental yang Suka Dipijat

Pada Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada Jumat 31 Juli 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban di 34 provinsi. Kurbannya merupakan sapi yang beratnya dipatok antara 800 Kg ke atas.

“Kurban nanti semua provinsi dan ke Istiqlal juga. Masing-masing provinsi satu sapi,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Pantauan situs Okezone pada Kamis (30/7/2020), sapi-sapi Jokowi sudah dicek kesehatannya dan sudah siap kurban. Penasaran seperti apa sapi kurban presiden, berikut beberapa penampakannya:

1.Gombloh dan Sonar

Sapi bernama Gombloh dan Sonar memiiki berat 1 ton. Sapi ini merupakan hewan kurban Jokowi di Bantul dan Sleman.

Untuk sapi yang bernama gombloh dibeli Jjokowi dengan harga Rp87 juta, sedangkan sonar dibeli dengan harga Rp78 juta.

2.Sapi 946 kilogram untuk Warga Kepulauan Seribu

Presiden Jokowi berkurban sapi seberat 946 Kg di Kepulauan Seribu, Jakarta. Ini merupakan kurban pertama sang presiden di daerah tersebut.

Baca juga:  Program Bantuan Pangan Nontunai di Lamongan Diduga Masih Belum Tepat Sasaran

“Istimewanya tahun ini sapi dari Presiden sampai ke Kepulauan Seribu, kami sangat bangga mendapat perhatian langsung dari bapak Presiden,” ujar Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad di Dermaga Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (29/7/2020).

3. Kembali Berkurban di Jayapura

Presiden Jokowi kembali berkurban di Kota Jayapura. Kali ini giliran Masjid Al Fatah Abe Pantai, Distrik Abepura, Jayapura, yang mendapat bantuan 1 ekor sapi kurban.

Sapi Jokowi berjenis Simental dengan berat 811 Kg, dibeli dari Sunarto, peternak sapi di Wilayah Arso II Kabupaten Keerom.

4. Kurban Sapi 1,2 Ton untuk Warga Makassar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbang sapi kurban yang dagingnya akan dibagikan untuk warga Makassar Sulawesi Selatan. Sapi seberat 1,2 ton ini tiba di Makassar, Sabtu 11 Agustus, malam. Sapi itu diserahkan Jokowi melalui Gubernur Sulsel Nurdin Abdulah, untuk warga Makassar.

5. Berkurban di Bengkulu

Presiden Jokowi ikut berkurban di Bengkulu. Kurban Sang Presiden yaitu sapi jenis Simental berbobot sekira 826 kilogram.

Baca juga:  Digempur Pandemi Corona, Luhut: Persiapan Ibu Kota Baru Jalan Terus

Pantauan Okezone, sapi kurban Jokowi tersebut berwarna kemerahan bercampur putih. Hewan tersebut terlihat gagah dan sehat.

”Alhamdulillah, kita dapat hadiah dari Presiden Jokowi, dan kali ini masyarakat Kabupaten Lebong akan mendapatkan berkahnya,” ujar Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto selaku pengurus kurban Jokowi.

6. Sapi Kurban Jokowi Suka Dipijat

Untuk kali keempat Presiden Jokowi membeli hewan kurban jenis sapi dari seorang pedagang di Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten.

Sapi berbobot 1,06 ton itu dijual ke sang presiden seharga Rp60 juta, yang diperuntukan sebagau kurban dan dagingnya dibagikan kepada warga Tangerang pada perayaan Idul Adha 1441 hijriah mendatang.

Sapi tersebut memiliki sifat unik, yaitu suka dipijat. “Biar sehat dan tenang, kalo dipijat dia pasti diam saja, seneng ini sapi, buktinya dia diam aja,” tutur si perawat sapi, Mukhsin.(okezone)

Loading...
Loading...

loading...

News Feed