by

Politikus PDIP: Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid, Langkah Politis Erdogan untuk Raih Dukungan & Konsolidasi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melihat ada celah yang bisa diamplifikasi untuk konsolidasi dukungan politik dengan mengubah Museum Hagia Sophia menjadi masjid.

Demikian dikatakan politikus PDIP Zuhairi Misrawi dalam artikel berjudul “Masjid Hagia Sophia dan Ambisi Erdogan”

Menurut Zuhairi, Erdogan mencari dan menemukan momentum yang tepat saat kondisi pandemi yang mengancam ekonomi dalam negeri dengan mengubah Hagia Sophia menjadi masjid. “Tanpa pandemi saja, ekonomi Turki sangat berdarah-darah,” paparnya.

Warga mulai meragukan kepemimpinan Erdogan di tengah krisis ekonomi. Hasil referendum terakhir dan Pemilu Istanbul membuktikan bahwa kelas menengah Turki mulai kehilangan kepercayaan pada Erdogan, yang jika tidak ada terobosan serius bisa jadi akan kehilangan kursi pada pemilu yang akan datang.

Baca juga:  Terkait Cuitan Budaya Kebaya, Ini Klarifikasi Dosen Universitas NU Yogyakarta

Zuhairi mengatakan, semua pemimpin negara mendapatkan tekanan politik yang sangat serius akibat, termasuk Erdogan yang akan maju lagi sebagai Calon Presiden Turki untuk periode kedua pada 2023 nanti.

“Erdogan mencari momentum yang tepat agar bisa mendapatkan dukungan publik yang luas. Ia melihat perubahan Museum Hagia Sophia menjadi Masjid Hagia Sophia sebagai terobosan yang tepat untuk konsolidasi dukungan, baik dari pendukung utamanya maupun kelompok sekuler yang berpandangan konservatif,” ungkapnya.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed