Hari ini Presiden #JokowiUltah ke-59


Tepat 21 Juni 2020 pada hari ini, Presiden Joko Widodo berusia 59 tahun. Ucapan selamat dan untaian doa, mulai banyak diucapkan oleh para tokoh hingga pejabat negara.



Di jagat media sosial, tagar #jokowiultah maupun #HBD59Jokowi mulai banyak dibicarakan. Ketua MPR Bambang Soesatyo, bahkan membuat video khusus untuk memberikan ucapan selamat kepada Jokowi di hari ulang tahunnya yang ke-59.





“Kepada yang terhormat Bapak Jokowi Presiden RI, saya Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-59, semoga Pak Jokowi tetap sehat diberikan kekuatan untuk terus memimpin bangsa ini sampai tuntas melewati masa-masa sulit Covid-19. Sekali lagi selamat ulang tahun Pak Jokowi, panjang umur sehata walafiat,” kata Bamsoet, biasa Bambang disapa.





Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie juga menyampaikan hal serupa. Bahkan Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) itu, membuat gambar Kepala Negara dengan beberapa masyarakat dengan ucapan selamat ulang tahun.



“Sehat selalu dan terus berkarya untuk bangsa dan rakyat,” kata Budi Arie.



Musisi Addie MS lewat akun twitternya @addiems, tak lupa juga memberikan ucapan selamat.



“Semoga selalu sehat dan tegar. Amiin,” tulis Addie yang disertai unggahan fotonya bersama Presiden ke-7 RI itu.



Jokowi lahir di Surakarta Jawa Tengah pada 21 Juni 1961. Ia adalah anak pertama dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Adik-adiknya berjumlah tiga orang, dan semua perempuan.



Setelah lulus dari Fakultas Kehutanan UGM, Jokowi sempat bekerja di beberapa perusahaan dan di beberapa daerah seperti Aceh. Hingga memutuskan menjadi pengusaha di bidang kayu.



Karier politik Jokowi bermula saat terpilih sebagai Wali Kota Solo selama dua periode sejak 2005. Di periode keduanya, pada 2012 ia ikut pilkada DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan berhasil menang.



Pada 2014, Jokowi maju sebagai calon presiden periode 2014-2019 menggandeng Jusuf Kalla sebagai calon wakil presiden. Pasangan ini menang atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. 



Pada pemilu presiden 2019, Jokowi maju lagi dan menggandeng Ketum MUI Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden. Pasangan ini menang, dan mengantarkan Jokowi untuk menjadi presiden dalam periode kedua, 2019-2024.



(Vivanews)