Firli Akui KPK Kerja Keras Cegah Korupsi Dana Covid-19, Said Didu: Siapa Percaya?

Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu mengkritik Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

“Siapa yang percaya?” kata Said Didu menanggapi berita dari Radio Elshinta berjudul “Firli katakan KPK kerja keras cegah korupsi dana penanganan COVID-19”

Dalam berita di Radio Elshinta diberitakan, Firli Bahuri menyatakan lembaganya telah bekerja keras untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi terkait penggunaan dana untuk penanganan COVID-19.

“Sejak pandemik COVID-19, KPK telah bekerja keras untuk mencegah supaya tidak terjadi korupsi. KPK koordinasi dengan LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana),dan kementerian/lembaga. KPK juga melakukan `monitoring` atas pelaksanaan program pemerintah,” kata Firli saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Senin (15/6).

Hal tersebut sebagai respons atas pernyataan Presiden Joko Widodo yang mempersilakan aparat penegak hukum, yaitu Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan Agung maupun KPK untuk “menggigit” pejabat maupun para pelaksana yang memiliki niat korupsi dalam penggunaan dana Rp677,2 triliun untuk penanganan COVID-19.