by

Penyesalan di Akhirat

Sebagian orang kelak di akhirat akan menyesal, baik orang kafir maupun orang mukmin. Baik yang taat maupun yang fajir (ahli maksiat).

Orang kafir dan ahli maksiat akan menyesal telah mengabaikan kebenaran dan mengikuti kesesatan. Allah ta’ala berfirman:

وَلَوْ تَرَىٰ إِذِ الْمُجْرِمُونَ نَاكِسُو رُءُوسِهِمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ رَبَّنَا أَبْصَرْنَا وَسَمِعْنَا فَارْجِعْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا إِنَّا مُوقِنُونَ

“Dan (alangkah ngerinya), jika sekiranya kamu melihat ketika orang-orang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Rabbnya, (mereka berkata), “Wahai Rabb kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami ke dunia. Kami akan mengerjakan amal shaleh. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yakin” (QS. As-Sajdah:12).

Baca juga:  Hikayat Para Ulama

Allah ta’ala juga berfirman:

وَقَالُوا لَوْ كُنَّا نَسْمَعُ أَوْ نَعْقِلُ مَا كُنَّا فِي أَصْحَابِ السَّعِيرِ

“Andaikata kami dahulu mau mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu), niscaya kami tidaklah termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala” (QS. Al-Mulk: 10).

Adapun orang-orang yang beriman, mereka juga menyesal karena kurang maksimal dalam beramal shalih. Allah ta’ala berfirman:

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?”” (QS. Al Munafiqun: 10).

Baca juga:  KH Luthfi Bashori: Gegara RUU HIP Rawan Gempa Dahsyat Agama

Maka maksimalkanlah hidup kita untuk ketaatan dan amalan-amalan shalih. Jauhi maksiat dan hal-hal yang tidak manfaat. Semoga kita tidak menjadi orang yang menyesal di akhirat.

Semoga Allah memberi taufik.

@fawaid_kangaswad

📢 Published By:
@MateriPesanCinta_Nya

Loading...
Loading...

loading...

News Feed