by

Iuran SPP SMA dan SMK Negeri di Jabar Gratis Tahun Ini

Pemprov Jabar akan menggratiskan iuran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) untuk SMA dan SMK negeri pada tahun ajaran 2020/2021.

Pada 28 Desember 2019, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan biaya SPP atau iuran bulanan peserta didik (IBPD) untuk SMA sederajat dibebaskan pada 2020. Anggaran Rp 1,4 triliun disiapkan untuk merealisasi kebijakan tersebut.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya mengatakan anggaran untuk menggratiskan SPP SMA/SMK sederajat kemungkinan terealisasi pada tahun ajaran 2020/2021. Pasalnya dana tersebut tak tersentuh refocusing anggaran COVID-19.

“Jadi itu sudah menjadi keputusan di APBD 2020 tahun ini, ada SMA/SMK dan SLB negeri yang ada di wilayah kewenangan Pemprov, itu ada iuran SPP yang digratiskan selama 6 bulan, Juli sampai Desember 2020,” ujar Abdul saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (6/6/2020).

DPRD Jabar, ia menegaskan, mendukung penuh program tersebut. Apalagi kebijakan itu bisa menjadi angin segar bagi orang tua yang ekonominya terdampak pandemi Corona.

Baca juga:  Mengulas Sejarah Berdirinya SH Terate di Bojonegoro

“Anggarannya tidak diganggu (refocusing) dan dialihkan untuk program realokasi COVID-19, ini program prioritas gubernur dan dewan mendukung itu. Saya salah satu anggota banggar yang hadir full dalam pembahasan anggaran untuk program iuran bulanan pendidikan gratis di APBD 2020 ini,” tuturnya.

Untuk sementara, ujar Abdul, program tersebut akan berlangsung pada Juli hingga Desember atau enam bulan.

“Tahun depan kalau disepakati itu sampai 2021, kita lihat perkembangannya,” kata politisi dari PKS itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika tidak memberikan respons saat detikcom mengonfirmasinya lewat pesan singkat dan telepon.

Baca juga:  PC LPBI NU Lamongan Siap Mengabdi untuk NU

(Yum/bbn/detik)

Loading...
Loading...

loading...

News Feed