Peringati Hari Lahir Pancasila, Jokowi Ajak Pejabat Pusat-Daerah Pro-Rakyat


Dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak penyelenggara di pusat sampai daerah terus berpihak kepada masyarakat. Terutama, kepada masyarakat yang saat ini mengalami kesulitan.



“Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara, dari pusat sampai ke daerah untuk terus meneguhkan keperbihakan kita kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan,” ujar Jokowi dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/6/2020).





“Untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama serta memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia,” kata Jokowi.



Saat membacakan amanat, Jokowi mengajak masyarakat menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila. Pancasila harus menjadi nilai-nilai yang bekerja dalam kehidupan serta nilai-nilai dalam setiap kebijakan yang diambil pemerintah.



“Nilai-nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita. Pancasila harus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah, nilai yang hidup terus bergelora dalam rakyat Indonesia,” ujar Jokowi.



Peringatan hari lahir Pancasila diikuti para menteri lainnya. Pejabat negara yang hadir antara lain Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), Wapres Ma’ruf Amin, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, hingga Menko PMK Muhadjir Effendy.



(Detik)