by

CDY Bertanya, Kemana Pemimpin Umat Buddha?

Oleh: Adian Radiatus

CDY adalah singkatan nama Cing De Yuen, yaitu nama sebuah vihara yang sudah berumur 370 tahun dan dinamakan juga vihara Dharma Bhakti.

Lima tahun lalu (2015) CDY  terbakar habis dan hanya berhasil menyelamatkan Rupang Utama Dewi Kwan Im dan beberapa Rupang lainnya. Umatnya pun bersedih hati.

Sementara pengurus saat itu berupaya menangani kedaruratan ibadah sembahyang  pasca kebakaran tersebut, ternyata ada masalah internal yang menyertainya terkait yayasan sebagai pengelola.

Karena itu pula renovasi bagian belakang dua tahun pasca terbakar rupanya bukan awal dimulainya pemugaran dan pembangunan Vihara tersebut.

Atas kesepakatan bersama para pihak terkait, maka suatu pertemuan termasuk melibatkan tokoh Tionghoa, Bambang Sungkono telah berhasil  penyelesaian konflik yang tidak sehat itu.

Baca juga:  Pancasila Mematahkan Stigma Radikalisme

Untuk waktu sekitar enam bulan, Bambang Sungkono sebagai pemegang mandat  Ketua Vihara telah menjalankan operasional sehari-hari. Kondisi kesehatan yang menurun membuatnya pamit sebagai pengurus, meskipun secara spiritual “ciam si” masih mendapat restu dari Dewata di Vihara itu.

Dalam suatu penjelasan singkatnya, Bambang Sungkono selama masa itu telah melakukan pembenahan manajemen internal dan penanganan pelayanan umat yang lebih baik. 

Namun kisah perjalanan CDY untuk kembali dibangun sebagaimana arsitektur lama karena termasuk Cagar Budaya, tampaknya belum ada pertanda hingga saat ini.

Penyebabnya tentu bukan semata tengah ada wabah Covid19 yang sebentar lagi akan berlalu, tetapi berpulang dari panggilan suara hati pengurus CDY untuk menyapa para pemimpin umat Buddha atas Vihara yang telah berusia 370 tahun lebih ini.

Baca juga:  Berduka Cita Atas Gugurnya Pejuang Medis Hadapi Covid-19

Nama-nama seperti Sugianto Kusuma atau dikenal juga dengan nama Aguan, Siti Hartati Murdaya, Tommy Winata, David Herman Jaya, Bhiksu Suhu Dutavira, Murdaya Poo, Eddie Kusuma, Anton Setiawan, Franky Widjaja dan lainnya adalah nama-nama tokoh Buddha yang mungkin akan terketuk hatinya dalam dimensi suara spiritual ‘ Cing De Yuen Memanggil’.

Semoga akan segera datang jawaban atas pertanyaan CDY, kemana Pemimpin Umat Buddha…

Loading...
Loading...

loading...

News Feed