Jokowi dan Ma’ruf Amin Ikut Takbir Virtual Nasional yang Digelar Kemenag


Kementerian Agama(Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam menggelar TakbirVirtual Nasional dan Pesan Idul Fitri dari Masjid Istiqlal, Sabtu (23/5/2020). Takbir Virtual akan diikuti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf Amin melalui sambungan konferensi video.



Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, kegiatan dimulai pukul 19.30 WIB. Selain itu kegiatan juga dihadiri oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.





“Menyambut hari kemenangan 1 Syawal 1441 Hijriah, Kemenag berharap seluruh muslim tetap dapat bersuka cita meskipun kita harus melaluinya di tengah pandemi. Oleh karenanya, kita membuat program Takbir Virtual Nasional dan Pesan Idul Fitri dari Istiqlal,” ujar Kamaruddin Amin, di Jakarta, Sabtu (23/5/2020).





Dia menuturkan, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid serta sejumlah tokoh muslim juga akan mengikuti melalui video conference.



Menurutnya, takbir virtual digelar agar dapat mengobati kerinduan umat Islam terhadap ritual malam takbiran yang biasanya dilaksanakan jelang 1 Syawal.



“Jadi malam ini kita bisa tetap bertakbiran bersama meski lewat virtual. Mari kumandangkan takbir dari rumah kita masing-masing dengan suka cita,” ucapnya.



(Inews)