Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Ungkap Emak-emak Belanja Baju Pakai Uang Bansos

Kelakuan warga membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil geleng-geleng kepala. Pasalnya, sejumlah warga yang menggunakan uang dari bantuan sosial (bansos), yang notabene digunakan untuk bertahan hidup di masa pandemi COVID-19, malah digunakan untuk membeli baju baru.

Ungkapan itu disampaikan pria yang akrab disapa Kang Emil itu, ketika menanggapi pertanyaan dari Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS) yang menanyakan masih ada pusat perbelanjaan di Majalengka yang masih dipenuhi kerumunan oleh warga.

“Tadi saya mendapatkan laporan dari Kang Bima Arya (Walikota Bogor), beliau melakukan sampling ke sebuah pasar. Dipanggil 10 ibu-ibu. Dari 10 orang ibu di sana, enam orang di antaranya penerima bansos yang membelanjakan dana sembako untuk dipakai beli kerudung dan baju,” kata Kang Emil dalam program Pulang Kampung Digital ke Bandung, Jumat (22/5/2020) malam.

Kang Emil menekankan, padahal seyogyanya uang bantuan sosial tersebut harusnya digunakan untuk bertahan hidup. “Padahal bansos untuk dana survival dana itu digunakan buat mengisi perut dan urgensi,” katanya melanjutkan.

Sikap warga tersebut, ujar Kang Emil, menandakan pekerjaan rumah bagi pemerintah masih panjang. Yakni membangun kesadaran warga. “Istilah cadasnya itu, kita fight economy and stupidity,” tutur Emil.

Pulang Kampung Digital bersama detikcom yang dihelat secara live streaming ini dihadiri oleh sejumlah seniman dan artis kenamaan asal Kota Bandung.

Mereka yang hadir seperti Melly Goeslaw, Armand Maulana, Aming, Dewi Gita, Anto Hoed, Ferry Maryadi, Deswita Maharani, Ira Maya Sopha, Rina Gunawan, Netta Kusumah Dewi, Devi Waluyo dan seniman asal Kota Kembang lainnya, juga turut menggalang donasi untuk melawan COVID-19.

Di sesi lainnya hadir Melody Laksani, Saung Angklung Udjo, Fachrul Rochman, Rita Tila, Tria The Changcuters, The Panas Dalam, Juicy Luicy, Jeruji, D’Cinnamons, Club Dangdut Racun yang dipandu MC kondang Oghel Zulvianto dan Ncess Nabati.

(yum/bbn/detik]


Baca juga:  TNI/Polri Lamongan Gelar Pertemuan dengan Jurnalis