Ibrahim Malik, Alumni UII Lecehkan Seksual Puluhan Mahasiswi & Terkenal Pendukung Ahok

Ibrahim Malik (IM) alumni Universitas Islam Indonesia (UII) Jurusan arsitektuk telah melecehkan secara seksual puluhan mahasiswi.

Berdasarkan laporan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, sudah ada 30 korban pelecehan seksual yang dilakukan Ibrahim Malik.

Penelusuran suaranasional di media sosial miliknya, Twitter, Ibrahim Malik ini pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Meila Nurul Fajriah selaku kuasa hukum korban mengatakan, pelecehan seksual yang dilakukan Ibrahim Malik ini beragam mulai dari pelecehan secara verbal, video call sembari menunjukkan alat kelaminnya, hingga menggesek-gesekan alat kelamin ke perut korban.

Meila menjelaskan mayoritas korban merupakan junior Ibrahim Malik. Para korban ini sangat ngefans dengan Ibrahim Malik yang begitu populer di kampus. Awalnya para korban tampak gembira diajak komunikasi oleh Ibrahim Malik yang tak lain adalah idolanya.

Dari pendataan yang dilakukan Aliansi UII Bergerak dan LBH Yogyakarta, pelecehan seksual ini dilakukan dalam rentang waktu 2016 hingga 11 April 2020.

UII telah menyatakan sikap salah satunya dengan mencabut gelar mahasiswa berprestasi yang diberikan kampus kepada IM pada 2015. Gelar itu dicabut setelah kampus mendapat keterangan dari sejumlah korban dan keterangan IM.

UII juga mendorong IM agar menunjukkan itikad baik serta bertindak kooperatif.

“Tim UII sudah berkomunikasi langsung dengan IM setelah yang bersangkutan mengunggah klarifikasi di IG pribadi. Adapun pernyataan ini menjadi dasar dari rilis di poin 2 tentang UII mendorong IM untuk dapat menunjukkan iktikad baik dengan bersikap kooperatif,” kata Syarif Nurhidayat, Ketua Tim Pendampingan Psikologis dan Bantuan Hukum UII.