Satu Warga Gresik Positif Covid-19 dari Klaster Sampoerna

GRESIK-Satu warga Gresik yang dinyatakan positif terpapar virus Corona atau Covid-19 pada hari ini, Jumat (1/5/2020), diketahui tertular dari lokasi pabrik rokok PT. HM Sampoerna di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pasien yang terpapar dari klaster pabrik rokok di kawasan Rungkut, Kota Pahlawan, itu berasal dari Desa Menganti, Kecamatan Menganti.

“Pasien ini kemarin tidak masuk sebagai PDP Gresik, beliau di rawat di RS swasta Surabaya. Asal cluster Sampoerna Surabaya,” kata Kepala Dinkes Gresik Saifudin Ghozali melalui Kabag Humas Pemkab Gresik Reza Pahlevi, Jumat (1/5/2020).

Seperti diketahui, lokasi pabrik rokok PT. HM Sampoerna Tbk menjadi klaster baru penularan Covid-19 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Awalnya, terdapat dua karyawan pabrik PT. HM Sampoerna Tbk yang positif terinfeksi Covid-19 dan langsung dirawat di rumah sakit. Namun, kedua karyawan itu telah meninggal dunia.

Menindaklanjuti kasus tersebut, tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim melakukan penelusuran terhadap sekitar 500 karyawan pabrik rokok yang berlokasi di kawasan rungkut, Surabaya, itu.

Semua karyawan tersebut kemudian dilakukan rapid test dan hasilnya sebanyak 98 orang dinyatakan positif Covid-19. Selanjutnya juga dilakukan pemeriksaan swab dan sampai sekarang masih menunggu hasilnya.

Adanya klaster baru penularan Covid-19 di Kota Surabaya ini patut diwaspadai tim Satgas Covid-19 Kabupaten Gresik, guna mencegah penularan terhadap warga di wilayah Gresik. (RINTO SEMBODO)