Kejari Lamongan Peduli Tim Medis dan Gugus Tugas Covid 19 di Kabupaten Lamongan

LAMONGAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lamongan selain intens melakukan kegiatan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19). Korps Adhyaksa yang dinahkodai Diah Yuliastuti tersebut juga ikut peduli terhadap tenaga medis kesehatan yang menangani pasien Covid-19 di RSUD dr Soegiri Lamongan.

“Bentuk kepedulian kita diantaranya berbagi makanan berbuka puasa dan sedikit masker dengan jumlah 100 pax yang diberikan kepada tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 di RSUD dr Soegiri Lamongan,” ujar Kajari Lamongan Diah Yuliastuti, Kamis (30/04/2020).

Diah mengatakan, selain itu masyarakat pengguna jalan di depan kantor Kejari Lamongan juga akan diberikan masker secara gratis serta takjil bagi pengguna jalan yang sedang menjalankan ibadah puasa. Pemberian masker, kata dia, utamanya untuk masyarakat yang belum disiplin menggunakan masker.

“Semoga apa yang sudah kita lakukan bisa sedikit memberikan semangat dan empati kepada para tenaga kesehatan yang sedang berjuang di garda terdepan penanganan pandemi Covid-19 dan juga masyarakat yang ada di Lamongan,” tutur Kajari.

Dia mengungkapkan, pihaknya sejak awal memang sudah berkomitmen membantu Pemerintah untuk mengantisipasi serta ikut aktif didalam pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Lamongan.

“Sesuai dengan arahan dari pimpinan dan hati nurani kita, sebelum ada petunjuk dari pimpinan, kita sudah mendahului untuk menyumbangkan sebagian gaji bulan April ini, yang diberikan kepada Tim Gugus Tugas Pencepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Lamongan di Pendopo waktu itu,” ungkapnya.

Setelah itu, sambungnya, teman-teman Kajari seluruh Indonesia seperti mendapat semangat. Jadi pihaknya secara tidak langsung menyebarkan virus kebaikan untuk bersama-sama melawan Virus Corona.

“Secara keseluruhan para Kajari ikut bergerak juga, namun semuanya itu diawali dari Lamongan. Saat ini sementara kita juga mengalih fungsikan rumah dinas untuk para tenaga medis yang menangani pasien Covid-19, yang memang harus menjaga jarak dengan keluarganya,” ucapnya.

Perempuan yang akrab disapa Diah itu mengatakan, mudah-mudahan ikhtiarnya ini meskipun kecil ibarat sebutir pasir dilaut, tapi sedikit-sedikit bisa menjadi bukit. Pihaknya juga membantu Pemerintah didalam menanggulangi permasalahan darurat kesehatan musim pandemi Covid-19 tahun 2020 ini.

“Kita juga selalu mengedukasi kepada masyarakat secara terus menerus terutama masyarakat pencari keadilan. Termasuk pegawai di Kejaksaan Lamongan yang harus memakai masker dan juga cuci tangan, kita juga sudah menyiapkan wastafel di kantor Kejari sesuai prosedur dari WHO untuk para tamu,” ujar Kajari.

Lebih lanjut Diah menambahkan, sedapat mungkin yang sudah dilakukan mudah-mudahan bisa menjadi sumbangsih untuk resolusi Kejaksaan supaya lebih dikenal oleh masyarakat. Selama ini, kata dia, Kejaksaan bidangnya memang penegak hukum, tapi di tengah situasi Pandemi Covid-19 saat ini nyawa adalah segalanya.

“Kita berharap masyarakat terdampak Covid-19 agar bisa sedikit merasakan kepedulian dari keluarga besar Kejaksaan Negeri Lamongan, dan bisa bersama-sama mendapat keberkahan dari Allah SWT di akhir minggu pertama bulan Ramadan 2020 yang suasananya dalam kondisi darurat kesehatan seperti ini,” pungkasnya.(RINTO CAEM)