by

Bulan Puasa, Wapres KH Ma’ruf Amin Minta Umat Islam Bersabar Hadapi Covid-19

Umat Islam yang sedang berpuasa untuk bersabar menghadapi virus corona baru (Covid-19). Bersabar untuk tidak keluar rumah termasuk menjaga jarak.

“Ini kita diperlukan untuk bisa bersabar, selain tidak makan, tidak minum. Ada suatu yang sekarang diminta kepada kita supaya kita tidak keluar rumah, supaya kita menjaga jarak, supaya kita menjaga kebersihan, supaya tidak terjadi penularan Covid-19,” kata Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin saat memberikan Tausiyah Ramadan melalui video konferensi di rumah dinasnya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat pada Selasa (28/4/2020).

Kata Kiai Ma’ruf, seluruh umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sambil melatih perilaku yang baik. Bukan hanya puasa makan dan minum saja, namun juga puasa dalam melakukan perilaku buruk.

Baca juga:  Jokowi Menang Pilpres 2019, NasDem: Ahok dapat Jabatan Menteri

“Sabar untuk tidak makan minum, untuk tidak melakukan hubungan dengan keluarganya dan puasa juga (melatih) sabar untuk menahan untuk tidak berkata tidak baik, tidak mengadu domba, bersabar menahan diri untuk juga tidak berbohong,” ujar Kiai Ma’ruf.

Kiai Ma’ruf berpendapat ujian orang puasa saat ini kian bertambah dengan adanya imbauan untuk tidak Salat Tarawih di luar rumah, ataupun melaksanakan salat berjemaah di masjid.

Kiai Ma’ruf mengimbau kalau momen bulan Ramadhan tahun ini dapat menjadi pengingat dan peningkat kesabaran serta keikhlasan seluruh umat Islam untuk menjaga diri dan menghindari bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga:  Aneh, Bisnis Pisang Anak Jokowi Beromset Triliunan

Sehingga puasa yang dikerjakan tidak hanya membawa manfaat bagi seorang individu, namun juga bagi orang lain di sekitarnya.

“Oleh karenanya, maka di dalam Bulan Ramadhan ini mari kita tingkatkan kesabaran kita, keikhlasan kita, supaya puasa kita itu juga selain mempunyai nilai ibadah tetapi juga mempunyai nilai sosial, nilai menjaga hubungan pergaulan,” pungkasnya.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed