Presiden Jokowi dan Presiden Trump Sepakat Jalin Kerja Sama Tangani Pandemi Corona

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump sepekat menjalin kerja sama terkait peningkatan pelayananan alat kesehatan untuk penanganan pandemi Corona.

“Keduanya berbicara melalui sambungan telepon Jumat, 24 April 2020 pukul 20.00 WIB dari Istana Kepresidenan Bogor,” tulis siaran tertulis Biro Pers Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (25/4/2020).

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya terhadap Presiden Trump atas kerja sama ini.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat sedang bersama-sama berupaya memutus mata rantai Covid-19.

“Kedua Presiden juga bertukar pikiran mengenai upaya untuk mengatasi kekurangan alat kesehatan dan alat perlindungan bagi tenaga medis, seperti ventilator, APD dan masker, sebagaimana dialami oleh semua negara,” jelas siaran pers ini.

Pada pembicaraan tersebut, Presiden Trump menuturkan, negaranya tengah berupaya membuat ventilator dan akan dikirim ke Indonesia apabila sudah siap.

“Kerja sama ini akan ditindaklanjuti oleh tim masing-masing negara,” jelas siaran Biro Pers Istana.

Selain soal alat kesehatan, Trump menyampaikan rasa duka atas meninggalnya masyarakat Indonesia akibat terpapar virus Corona. Hal senaga juga dikatakan Jokowi terhadap apa yang terjadi di Amerika Serikat.

Kerjasama Ekonomi

Presiden Trump bahkan berjanji bila carut marut pandemi Corona sudah mereda, Indonesia akan digandeng untuk bersama menyongsong pemulihan ekonomi dengan memperkuat kemitraan di bidang perdagangan.

“Indonesia adalah negara penting bagi Amerika Serikat. Kita harus tingkatkan terus kerja sama kedua negara,” ucap Trump.

Sebelum mengakhiri sambungan telepon tersebut, Presiden Trump juga mengucapkan duka cita mendalam atas meninggalnya Ibunda Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

(liputan6)


Baca juga:  ZNT Disoal, Pajak Pratama tidak Seirama dengan Bapenda