Terbongkar, Perusahaan Ruang Guru Milik Stafsus Jokowi dapat Proyek saat Covid-19

Perusahaan Ruang Guru milik staf khusus milenial Presiden Joko Widodo (Jokowi) Belva Devara dapat proyek di tengah virus corona baru (Covid-19) untuk pelatihan online kartu pekerja.

Menteri Perdagangan Airlangga Hartarto mengungkapkan Ruang Guru salah satu mitra dalam pelatihan online untuk kartu pekerja.

“Peserta langsung bisa membeli pelatihan yang diinginkan di berbagai toko, seperti Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, dan platform lainnya,” ujar Airlangga Hartarto melalui telekonferensi, Sabtu (11/4).

Airlangga menuturkan, data yang telah diakurasi project management office (PMO) kartu prakerja sebanyak 5,5 juta orang. Data itu berasal dari Kementerian Tenaga Kerja dan tiap sektor usaha kecil terdampak yang berasal dari Kementerian Koperasi dan UKM.

“Jadi, data ini yang menjadi basis data yang ada di PMO. Tentu kami ada kuota untuk sistem yang akan membaca open source kepada mereka yang aktif mendaftar dengan kriteria yang ada. Tentunya kami berharap, dari pemda masing-masing akan membantu verifikasi data sehingga data yang masuk ke kartu prakerja ini diupayakan data yang sudah net by name dan by address,” pungkas Airlangga.