Kelompok Anarko Bantah Pernyataan Polisi

Kelompok anarko membantah pernyataan polisi yang menyebut vandalisme dan akan melakukan penjarahan dan pembakaran di saat ada virus corona baru (Covid-19).

“Tuduhan polisi itu jadinya kayak mengada-ada. Masak iya di tengah pandemi Covid-19 kami melakukan itu, tidak mungkin lah,” kata koordinator komunitas Anarko, Dewi, Ahad (12/4/2020) dikutip dari suara.com.

Dia pun mengklaim, tak mungkin kelompok Anarko merancang aksi penjarahan yang dituduhkan oleh aparat kepolisian.

“Dan ajakan itu mustahil terjadi di tengah situasi seperti ini,” katanya.

Baca juga:  Acaranya Dihadang & Digagalkan, Gerakan #2019GantiPresiden Makin Besar dan Didukung Rakyat

Menurut dia, masyarakat cukup rasional dan tak mudah terprovokasi isu seperti itu.

“Buktinya apa? dasarnya apa provokasi itu dari Anarko? Masa keterangan dari anak pelajar, apa itu bisa dijadikan keterangan. Lagipula bukti-bukti yang ditemukan polisi itu kan bukan agitasi dan propaganda. Orang waras mana yang mau disuruh sama anak kecil, pelajar untuk menjarah,” ujarnya.

Dewi menuturkan, dalam situasi seperti sekarang, orang justru takut dengan kerumunan, karena wabah virus corona. Jadi menurutnya, tuduhan polisi kepada kelompok Anarko tak punya dasar.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sudjana menyebut, kelima orang yang bergabung dalam kelompok Anarko ingin sudah merancang aksi vandalisme secara serentak di Pulau Jawa pada 18 April 2020 mendatang. Kelima pemuda itu ditangkap lantaran melakukan aksi vandalisme di Tangerang, Banten.

Baca juga:  Sesama Aktivis HMI, Eks Penasihat KPK: Anas Koruptor dan bukan Korban Penzaliman

“Mereka merencanakan pada tanggal 18 April 2020 akan melakukan aksi vandalisme secara bersama-sama di kota besar di Pulau Jawa ini,” kata Nana di Polda Metro Jaya, Sabtu (11/4/2020).