Satelit Palapa-N1 Hancur, Pengamat Politik: Indonesia Dibohongi Teknologi Luar Angkasa China

Indonesia dibohongi China atas gagalnya roket buatan negeri Tirai Bambu itu membawa satelit Palapa-N1 ke luar angkasa dan hancur.

“Roket China yang membawa Palapa-N1 hancur. Ini membuktikan Indonesia dibohongi teknologi luar angkasa China,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Ahad (12/4).

Menurut Muslim, Indonesia terlalu percaya kepada China untuk teknologi luar angkasa. “Walaupun teknologi China mengalami kemajuan tetapi produknya belum tentu bagus,” papar Muslim.

Kata Muslim, gagalnya Palapa-NI harus menjadi pelajaran buat bangsa Indonesia terhadap teknologi luar angkasa China. “Ini pelajaran berharga agar tidak melakukan kerja sama dengan China lagi,” jelas Muslim.
Satelit Palapa-N1 Indonesia Kamis malam (9/4) yang gagal saat peluncuran hingga hancur berkeping-keping.

South China Morning Post (SCMP), pada Jumat (10/4) dengan tegas menyebut program luar angkasa China mengalami kemunduran akibat kegagalan peluncuran roket kedua dalam waktu kurang dari sebulan, termasuk kegagalan pada peluncuran satelit Palapa-N1

Roket yang membawa satelit Palapa-N1 lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Provinsi Sichuan, China pada pukul 7.46 Kamis malam (9/4) seperti dilaporkan Xinhua.