PGI Sesalkan Gereja Pantekosta di Surabaya Abaikan Imbauan Social Distancing

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyesalkan sikap majelis GPdI (Gereja Pantekosta di Indonesia) Menganti, Surabaya, yang tetap menjalankan ibadah saat pandemi virus Corona COVID-19. PGI akan terus berupaya mengimbau gereja-gereja agar mematuhi imbauan pemerintah soal social distancing dan melakukan kegiatan ibadah dari rumah.

“Saya sangat menyesalkan masih ada yang tidak menghiraukan ajakan untuk social distancing atau pembatasan sosial ini. Saya akan berupaya untuk terus mengimbau mereka,” kata Ketua Umum PGI, Pendeta Gomar Gultom, saat dihubungi, Minggu (22/3/2020).

Gomar meminta seluruh majelis gereja paham kebaktian di saat seperti ini berdampak negatif bagi kesehatan dan keselamatan jemaat. Gomar mengatakan ibadah yang sejati adalah yang membawa berkat, bukan menuruti kehendak pribadi.

“Meminta kesadaran mereka bahwa beribadah seperti itu tidak menolong buat kesehatan dan keselamatan masayarakat. Ibadah yang sejati adalah ibadah yang membawa berkat bagi masyarakat banyak, bukan untuk memuaskan kedahagaan pribadi,” ujar Gomar.

Namun Gomar menyampaikan PGI tak memiliki wewenang untuk memberikan sanksi kepada pihak gereja yang tak menuruti imbauan pemerintah terkait pandemi Corona ini.

“PGI tidak memiliki otoritas untuk menegur. Kami hanya bisa mengimbau dan mengingatkan saja,” ucap Gomar.

(aud/maa/detikcom)


Baca juga:  Resahkan Warga, Ada Dugaan Gudang Tempat Pembuangan Limbah Beracun dan Ilegal di Lamongan